Memudahkan Anda Menuju Baitullah

6 Hak Seorang Muslim Terhadap Muslim Lain

Kategori : Info Menarik, Ditulis pada : 12 November 2022, 22:20:00

6-hak-seorang-muslim-terhadap-manusia-lain.png

Tahu tidak, ada loh hak bagi seorang muslim yang harus dilakukan agar hubungan silaturahim antar sesama manusia lain tidak putus. Apa saja sih hak tersebut, mari simak dibawah ini:

Dari Abu Hurairah Radliyallaahu 'anhu bahwa Rasulullah Shallallaahu 'alaihi wa Sallam bersabda: "Hak seorang muslim terhadap sesama muslim ada enam, yaitu bila engkau berjumpa dengannya ucapkanlah salam; bila ia memanggilmu penuhilah; bila dia meminta nasehat kepadamu nasehatilah; bila dia bersin dan mengucapkan alhamdulillah bacalah yarhamukallah (artinya  semoga Allah memberikan rahmat kepadamu); bila dia sakit jenguklah; dan bila dia meninggal dunia hantarkanlah (jenazahnya)". Riwayat Muslim.
Hadits diatas menjejaskan bahwasannya ada enam hak seorang muslim terhadap manusia lainnya

1. Menjawab salam
Sebagai seorang muslim menjawab salam itu wajib dibandingkan dengan mengucapkan salam. Dengan menjawab salam sama saja dengan mendoakan orang yang mengucapkan salam. Mengawali pertemuan dengan salam saja membuat pertemuan tersebut terasa lengkap dan suasana terasa aman juga. Seperti sabda Rasulullah Saw: “Ucapkan salam sebelum memulai berbicara.”

2. Menjenguk orang sakit
Siapa saja baik saudara, teman, keluarga mau dekat atau tidak saat  mereka sakit, maka jenguklah mereka. Mungkin dengan adanya yang menjeguk mereka membuat mereka semangat sehat karena banyak yang peduli dengan mereka. Seperti sabda Rasulullah SAW. : “Sesungguhnya seorang muslim apabila menjenguk saudaranya sesama muslim, maka ia tetap berada di antara buah-buahan surga yang siap dipetik, sampai akhirnya ia kembali”(HR.Muslim). Maka jenguklah orang yang sakit, supaya disaat kita sakit masih ada yang mau menjenguk kita.

3. Memenuhi undangan
Jika diundang maka datanglah, agar orang yang mengundang tidak merasa kecewa. Namun, bila waktu dan tempat tidak memungkinkan  datang maka tidak masalah jika tidak datang, dan bisa digantikan dihari yang memungkinkan datang.

4. Memberikan nasehat
Seperti sabda Rasulullah saw : “Agama itu nasehat”. Kami bertanya kepada beliau, “Nasehat kepada siapa?” Beliau menjawab: “Terhadap Allah, Quran, RasulNya, pemimpin-pemimpin dan seluruh kaum Muslimin”. Berilah nasehat apabila diminta memberi nasehat,dengan memberikan nasehat sama saja dengan memberi masukan dan meringankan pikiran atau masalah saudara .

5. Mendoakan Ketika ada yang bersin
Ketika bersin maka ucapkan Alhadulillah. Bagi yang mendengarnya maka ucapkan 'Yarhamukallah' (Semoga Allah memberikan rahmat kepadamu). Kemudian yang bersin membalas doa bagi yang telah mendoakannya dengan mengucapkan “Yahdini wayahdikumullah wa yuslih balakum” (Semoga Allah memberiku dan engkau petunjuk dan semoga Allah memperbaiki keadaanmu). Kenapa kita harus menjawab bersin, sebab bersin itu datang dari Allah, sedangkan menguap itu datang dari Setan.

6. Mengantarkan jenazah
menurut Abu Hurairah ra, Rasulullah SAW menjelaskan keutamaan mengiringi jenazah: “Siapa yang menghadiri jenazah hingga jenazah tersebut dishalatkan maka baginya pahal satu qirath. Siapa yang menghadirinya sampai proses pemakaman, maka baginya dua qirath”. Kemudian ditanyakan: “Apakah yang dimaksud dengan dua qirath?” Beliau menjawab: “Seperti dua gunung besar.” 

Itulah beberapa hak seorang muslim terhadap manusia lain. Semoga dapat menjalankannya dengan baik dan tentu saja dengan ikhlas. Karena akan ada balasan bagi yang melakukan semua hal yang dimata Allah itu baik.

Chat Dengan Kami
built with : https://erahajj.co.id