Memudahkan Anda Menuju Baitullah

Tertuang dalam Al-Quran, Ini 4 Janji Allah kepada Umat Islam

Kategori : Info Menarik, Features, Ditulis pada : 08 November 2022, 10:12:49

4 Janji Allah kepada Umat Islam

Al Fauzi Tour - Al-Quran adalah kitab terakhir yang diturunkan Allah SWT. Diturunkan kepada Nabi Muhammad ﷺ melalui perantara malaikat Jibril. Kitab ini menjadi penyempurna atas kitab-kitab sebelumnya.

Secara umum, Al-Quran adalah kitab suci bagi umat muslim. Pedoman bagi umat Islam. Di dalamnya mengandung petunjuk dan perintah serta larangan yang wajib ditaati oleh pemeluknya.

Jadi, setiap umat yang menjalankan perintah Allah SWT akan mendapat kebahagiaan dunia dan akhirat. Namun sebaliknya, apabila lalai dan menjalankan segala larangan akan berdosa dan akan masuk neraka.

Artinya, setiap tindakan kita di dunia akan berdampak pada kehidupan akhirat. Entah itu kebaikan maupun keburukan. Sebagaimana beberapa janji Allah SWT yang terdapat dalam Al-Quran.

Berikut 4 janji Allah SWT kepada umat Islam yang tertuang dalam Al-Quran:
1. Jika pandai bersyukur maka Allah akan tambahkan nikmat. Hal ini termaktub dalam QS. Ibrahim ayat 7:

وَاِذْ تَاَذَّنَ رَبُّكُمْ لَىِٕنْ شَكَرْتُمْ لَاَزِيْدَنَّكُمْ وَلَىِٕنْ كَفَرْتُمْ اِنَّ عَذَابِيْ لَشَدِيْدٌ
Artinya: “Dan (ingatlah) ketika Tuhanmu memaklumkan, “Sesungguhnya jika kamu bersyukur, niscaya Aku akan menambah (nikmat) kepadamu, tetapi jika kamu mengingkari (nikmat-Ku), maka pasti azab-Ku sangat berat.”

2. Barang siapa mengingat Allah, maka Allah pun akan mengingatnya. Sebagaimana janji Allah yang terkandung dalam QS Al-Baqarah ayat 152:

فَاذْكُرُوْنِيْٓ اَذْكُرْكُمْ وَاشْكُرُوْا لِيْ وَلَا تَكْفُرُوْنِ ࣖ
“Maka ingatlah kepada-Ku, Aku pun akan ingat kepadamu. Bersyukurlah kepada-Ku, dan janganlah kamu ingkar kepada-Ku.”

3. Allah akan memberikan ampunan kepada kita jika banyak istighfar dan memohon ampun. Tentang janji ini, bisa dilihat dalam QS Al-Anfal ayat 33:

وَمَا كَانَ اللّٰهُ لِيُعَذِّبَهُمْ وَاَنْتَ فِيْهِمْۚ وَمَا كَانَ اللّٰهُ مُعَذِّبَهُمْ وَهُمْ يَسْتَغْفِرُوْنَ
“Tetapi Allah tidak akan menghukum mereka, selama engkau (Muhammad) berada di antara mereka. Dan tidaklah (pula) Allah akan menghukum mereka, sedang mereka (masih) memohon ampunan.”

4. Allah akan mengabulkan bagi hambanya yang berdoa. Tidak ada kekuatan apa pun dalam diri manusia selain dari Allah. Maka, berdoa merupakan kekuatan manusia untuk meminta ampunan dan segala keinginannya. Terkait hal ini, Allah terlah berfirman dalam QS. Al-Qhafir ayat 60:

وَقَالَ رَبُّكُمُ ادْعُوْنِيْٓ اَسْتَجِبْ لَكُمْ ۗاِنَّ الَّذِيْنَ يَسْتَكْبِرُوْنَ عَنْ عِبَادَتِيْ سَيَدْخُلُوْنَ جَهَنَّمَ دَاخِرِيْنَ
Artinya: Dan Tuhanmu berfirman, “Berdoalah kepada-Ku, niscaya akan Aku perkenankan bagimu. Sesungguhnya orang-orang yang sombong tidak mau menyembah-Ku akan masuk neraka Jahanam dalam keadaan hina dina.”

 

 

Chat Dengan Kami
built with : https://erahajj.co.id