Memudahkan Anda Menuju Baitullah

Khasiat Kurma dan Macam-macam Pilihan Jenisnya

Kategori : Info Menarik, Umrah, Features, Ditulis pada : 24 September 2022, 11:39:03

Salah satu oleh-oleh khas Arab atau Timur Tengah yang paling terkenal adalah kurma. Kurma menjadi favorit jamaah haji dan umrah sebagai oleh-oleh untuk dibawa pulang ke tanah air. Buah yang rasanya manis ini ternyata beragam jenisnya dan juga kaya dengan manfaat.

Kurma juga adalah buah kesukaan Nabi yang sering dikaitkan dengan bulan Ramadhan, sebab sering dimakan saat berbuka puasa. Bahkan menjadi sunnah Nabi makan kurma di pagi hari. Seperti dalam hadits berikut ini:

Dari Saad bin Abi Waqash RA, Rasulullah SAW bersabda, “Barangsiapa memakan 7 butir kurma yang tumbuh di antara batu-batu (di Madinah) saat pagi, maka ia tidak akan celaka terkena racun (sihir) sampai petang.”

46.jpg

Photo by Mona Mok on Unsplash

Selain itu, Rasulullah juga menganjurkan untuk makan kurma sebelum shalat Id pada hari raya Idul Fitri dan Idul Adha. Hal ini untuk mengingatkan bahwa ada larangan untuk tidak berpuasa ketika 1 Syawal dan 1 Dzulhijjah.

“Rasulullah tidak pergi Shalat Idul Fitri hingga beliau makan beberapa kurma.” (HR. Bukhari)

Nah, bagi Anda penyuka buah kurma ini pasti penasaran kan, apa saja jenis-jenis kurma yang dapat Anda nikmati? Yang pasti, semua jenis kurma mengandung manfaat unuk dikonsumsi dan memiliki rasa yang enak tergantung selera masing-masing. Yuk, ikuti selengkapnya jenis-jenis dan manfaat kurma dalam ulasan berikut ini!

Ajwa

Kurma Ajwa juga terkenal dengan nama “Kurma Nabi”. Menurut sejarahnya pohon kurma ini pertama kali ditanam| oleh Nabi waktu di Madinah, tepatnya di dekat Masjid Quba. Nama Ajwa diambil dari nama anak dari sahabat Rasulullah yaitu Salman A-Farisi, atas jasanya mewakafkan lahan kurma untuk perjuangan umat Islam.

Nabi sangat suka kurma Ajwa untuk dimakan sehari-hari. Dalam salah satu hadits disebutkan, “Barang siapa yang makan kurma Ajwa sebanyak tujuh butir di pagi hari, sepanjang hari itu ia akan terhindar dari racun dan sihir.” (HR. Bukhari dan Muslim)

Kurma Ajwa termasuk kurma yang menjadi favorit di kalangan umat muslim, terutama untuk oleh-oleh haji dan umrah. Kurma Ajwa memiliki ciri danging buah yang lembut, warnanya kehitaman dan ada salur-salur putih pada kulit buahnya menjadi ciri khas yang menjadi pembeda kurma ini dengan jenis lainnya. Karena ke-khas-an kurma ini, harga kurma Ajwa terbilang tinggi di antara jenis kurma lainnya.

48.jpg

Photo by Naim Benjelloun from Pexels

Kurma Ajwa juga punya banyak kandungan nutrisi jadi baik untuk kesehatan, terutama untuk ibu hamil dan menyusui. Ingat tentang cerita Maryam ibunda Nabi Isa yang juga makan buah kurma sehingga nantinya anaknya menjadi anak yang pandai dan penyabar. Kurma juga baik untuk pertumbuhan anak-anak terutama untuk sumsum tulang belakangnya.

Medjool

Kurma Medjool adalah jenis kurma yang berasal dari Amerika Serikat. Salah satu cirinya adalah buahnya yang berukuran lebih besar bila dibandingkan dengan jenis kurma lainnya yaitu antara 10-15 cm. Kurma ini berwarna coklat muda, dengan kulit daging yang tebal. Kurma Medjool bertekstur empuk dan lembut serta rasanya manis dan legit. tidak heran jika kurma ini biasa disebut sebagai “Kurma Raja” atau “Berlian Kurma”.

Tak jauh beda dengan manfaat kurma yang lain, kurma Medjool juga memiliki kandungan fruktosa dan glukosa alami yang memiliki peran sebagai karbohidrat sederhana sebagai sumber energi. Kurma ini cocok untuk dikonsumsi saat sahur, karena juga banyak kandungan vitamin, mineral dan kalium sebagai serat alami sehingga menimbulkan rasa kenyang yang lebih lama setelah mengonsumsinya.

Kurma Sukkari

Nama kurma Sukkari diambil dari bahasa Arab yaitu ‘sukkur’ yang artinya gula, tidak heran bila kurma ini punya cita rasa yang manis. Tekstur kurma Sukkari sangat lembut dagingnya seperti karamel. Kurma sering menjadi menu wajib untuk berbuka puasa di Masjidil Haram ataupun Masjid Nabawi, termasuk jenis kurma Sukkari ini. Kurma Sukkari dibudidayakan di wilayah Al-Qaseem, Arab Saudi.

Kurma Sukkari punya banyak sekali kandungan nutrisi seperti: zat besi, vitamin A, asam amino, magnesium dan lainnya. Sehingga kurma Sukkari sangat bermanfaat bagi kesehatan antara lain bisa menyehatkan pencernaan, mengatasi anemia, menjaga kesehatan mata, mengatasi karies gigi, menurunkan kolesterol, untuk kesehatan kulit bahkan untuk diet. Selain dimakan langsung, kurma Sukkari juga enak untuk campuran jus. 

Khalas

Kurma khalas adalah salah satu kurma yang disebut superfood sebab kaya akan khasiat. Khalas secara bahasa berarti selesai atau dalam arti lain khalas berarti sempurna. Sehingga sesuai dengan namanya kurma ini menjadi kurma dengan kelezatan yang paripurna.

Kurma khalas berwarna cokelat kemerahan, teksturnya lembut dan agak lengket. Rasanya juga sangat manis seperti karamel, cocok bagi penyuka rasa manis. Kurma khalas juga memiliki banyak manfaat, kurang lebih seperti kurma Sukkari yang telah diuraikan di atas. Akan tetapi, uniknya dari kurma khalas adalah kurma ini dapat dinikmati dalam 3 fase. Yaitu kurma segar (khalal), kurma matang (ruthab), dan terakhir kurma kering (tamr).

47.jpg

Photo by Quintin Gellar from Pexels

Nah, itulah macam-macam jenis kurma serta manfaatnya untuk kesehatan. Sebenarnya masih banyak lagi jenis kurma (sekitar 400 lebih jenis kurma) yang bisa menjadi alternatif bagi Anda antara lain kurma Barhee, kurma Halawy, kurma Deglet Noor (kurma Tunisia), kurma Zhaghloul, kurma Fard, dan lain, namun belum dapat kita bahas satu persatu.  

Mendekati bulan suci Ramadhan, kurma sudah mulai mudah didapatkan karena banyak yang menyediakan kurma sebagai kudapan ketika sahur atau berbuka, juga camilan saat hari raya. Jika Anda ke Baitullah, jangan lupa pilih kurma sebagai salah satu oleh-oleh wajib untuk dibawa pulang ke tanah air. Tapi, Anda tidak perlu galau karena saat ini kurma cukup mudah ditemui di Indonesia utamanya di toko khusus oleh-oleh haji dan umrah. Selamat mencicipi buah kurma ya!

Chat Dengan Kami
built with : https://erahajj.co.id