Memudahkan Anda Menuju Baitullah

Jangan Sedih, Allah SWT Bersamamu

Kategori : Info Menarik, Ditulis pada : 22 September 2023, 17:48:52

doa-setelah-menangis.jpeg

Jangan Sedih, Allah SWT Bersamamu

Sahabat Al-Fauzi News -
Jangan Sedih, Allah SWT Bersamamu

Setiap yang menyebabkan kesedihan pasti memiliki obatnya masing-masing. Adapun dalam rangkuman kajian "Jangan Sedih, Allah Bersamamu" yang disampaikan oleh Ustazah Halimah Alaydrus ini, kita akan mempelajari empat penyebab kesedihan beserta obatnya.

yang berdoa apabila dia berdoa kepada-Ku. Maka, hendaklah mereka memenuhi (perintah)-Ku dan beriman kepada-Ku agar mereka selalu berada dalam kebenaran.” (Q.S. Al-Baqarah [2]:186)

Jadi, ketika ingin hidup tidak lagi diiringi banyak kesedihan, maka mulailah dengan mengingat Allah subhanahu wata'ala di setiap keadaan.

sakit, sulit, atau hidup ini dirasa tidak ideal, ingatlah bahwa Allah subhanahu wata'ala memberikan ujian tersebut agar kita ingat surga dan merindukan akhirat.

4. Kesedihan Karena Emosi Negatif di Dalam Diri

Ketika mengingat masa lalu, mungkin terdapat emosi-emosi buruk yang tidak terkeluarkan. Semua emosi negatif yang tidak tersalurkan tersebut menumpuk dan menjadi beban sehingga mudah terkeluarkan meski ketika kehidupan yang dijalani sedang baik-baik saja. Lantas, apa obatnya untuk mengatasi kesedihan itu?

Obatnya adalah dengan membersihkan hati. Bagaimana caranya? Salah satunya adalah dengan menangis. Dalam Islam, Allah subhanahu wata'ala tidak melarang kita untuk menangis, bahkan kita dianjurkan untuk menangis banyak-banyak. Kenapa?

Karena tangisan kita bisa menjadi ungkapan rindu kepada Allah subhanahu wata'ala.

Ketika kita menangis dengan ikhlas, tangisan tersebut dapat membersihkan hati kita. Tangisan tersebut adalah bentuk taubat kepada Allah subhanahu wata'ala, ungkapan syukur kepada-Nya, serta sebagai wujud rindu kepada Nabi Muhammad shallallahu alaihi wasallam.

Allah subhanahu wata'ala mengizinkan kita menangis karena Dia mencintai kita. Tangisan tersebut adalah sarana untuk membersihkan hati dan menciptakan ruang di dalam hati kita agar Allah berkenan hadir di dalamnya. Oleh karena itu, perlu adanya upaya membersihkan hati dari emosi negatif tersebut.

Bagaimana cara membersihkan hati? Salah satunya adalah dengan bershalawat kepada Nabi Muhammad SAW. Sholawat dapat membuat hati lapang dan riang. Seseorang yang banyak bershalawat akan diangkat gelisahnya dan semua beban hatinya akan diampuni. Oleh karena itu, sholawat kepada Nabi Muhammad SAW adalah salah satu obat untuk menghilangkan kesedihan dan beban hati.

Editor By : M. Rifqi

Chat Dengan Kami
built with : https://erahajj.co.id