Memudahkan Anda Menuju Baitullah

Ini Dia 6 Buah yang Disebut Dalam Al Quran, Mana yang Favorit Anda?

Kategori : Features, Ditulis pada : 20 Oktober 2022, 19:33:04

Buah merupakan salah satu bahan pangan yang cukup disukai karena selain rasanya yang lezat, juga mengandung banyak vitamin dan mineral alami yang dibutuhkan oleh tubuh. Namun, tahukah Anda bahwa ada beberapa macam buah-buahan yang disebut dalam Al Quran? Salah satunya adalah buah kurma yang sering dijadikan oleh-oleh khas saat beribadah haji dan umrah.

Buah yang disebutdalam Al Quran tentunya mempunyai banyak keistimewaan, ada yang menyebutkan bahwa buah-buahan tersebut termasuk ke dalam jenis buah yang tumbuh di dalam surga. Karena, dalam Al Quran digambarkan buah-buahan tersebut kelak dapat dinikmati oleh ahli surga. Selain rasa yang sedap, buah tersebut mengandung banyak khasiat untuk kesehatan.

Nah, penasaran kan, apa saja sih nama-nama buah yang Allah sebutkan dalam Al Quran? Berikut ini 6 buah yang disebutkan dalam Al Quran serta manfaatnya untuk kesehatan. Selamat menyimak!

Kurma

Buah yang pertama yaitu kurma. Ya, pasti Anda sudah akrab dengan buah yang satu ini. Walaupun kurma lebih sering kita jumpai di bulan puasa dan Hari Raya Idul Fitri, kurma dapat dijadikan camilan yang lezat setiap hari. Terutama untuk hidangan berbuka puasa sunnah.

jocelyn-morales-nsdjbTJJMYY-unsplash.jpg

Photo by Jocelyn Morales on Unsplash

Buah Kurma disebutkan sebanyak 20 kali di 16 surat yang berbeda dalam Al Quran, salah satunya di surat Maryam ayat 25-26 yang terjemahannya,

“Dan goyangkanlah pangkal pohon kurma itu ke arahmu, maka pohon tersebut akan menggugurkan kurma yang masak kepadamu. Maka dari itu, makan, minum serta senangkanlah hatimu. Jika kamu melihat seorang manusia, maka ucapkan lah, ‘Sesungguhnya aku sudah berjanji berpuasa untuk Tuhan yang Maha Pemurah. Maka aku tidak akan berbicara dengan seorang manusia pun pada hari itu.”

Ini menandakan bahwa kurma memiliki banyak sekali khasiat untuk kesehatan, terutama bagi ibu hamil. Manfaat tersebut antara lain untuk memperlancar proses kelahiran, mencegah pendarahan dalam rahim, memperlancar air susu ibu, mengobati kemandulan, energi tambahan untuk anak-anak agar tidak lemah dan lesu, dan vaksinasi untuk bayi.

Kurma cocok juga digunakan untuk bahan makanan pokok. Kurma paling di difavoritkan sebagai makanan untuk berbuka puasa karena memiliki kandungan gula yang bisa diserap sekitar 40-60 menit (dibandingkan dengan nasi yang perlu 5 jam penyerapan), sehingga dapat menjadi asupan yang menyuplai energi dengan cepat.

Buah kurma tumbuh di daerah sub tropis seperti Arab Saudi, Mesir, Tunisia dan sekitarnya. Kurma memiliki bermacam- macam jenis yang bisa dipilih sesuai selera, antara lain seperti kurma Ajwa, Medjool, Sukkari, Khalas, Tunisia dan lain sebagainya.

Buah Tin

Buah Tin (Fig) atau biasa juga disebut buah ara juga termasuk buah yang disebutkan di Al Quran. Bahkan, menjadi salah satu nama surat yaitu Surat At-Tiin yang terletak di juz 30. Nama buah Tin dapat ditemukan pada ayat pertama yang berbunyi:

“Demi buah Tin dan Zaitun.” (QS. At-Tiin: 1)

55.jpg

Photo by Deon Black on Unsplash

Pastinya, buah Tin menjadi sangat spesial karena Allah bersumpah di ayat tersebut. Buah Tin juga diyakini menjadi salah satu buah-buahan yang berada di surga. Oleh karena itu, Anda bisa mencoba buah ini karena buah tin termasuk buah yang lezat untuk dikonsumsi.

Buah Tin memiliki banyak manfaat)) yang jarang diketahui orang, antara lain dapat menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh, mengobati disfungsi seksual, menurunkan berat badan, melembabkan kulit, mengendalikan tekanan darah serta denyut jantung, mengatasi diabetes, dan memperkuat tulang.

Zaitun

Buah selanjutnya adalah zaitun. Mungkin Anda sering mendengar produk olahan dari buah zaitun, seperti minyak zaitun (olive oil). Nah, zaitun ini juga termasuk buah yang disebut dalam Al Quran, sehingga banyak disarankan untuk berbagai macam kebutuhan dengan banyaknya khasiat yang terkandung di buah zaitun.

Dalam Al Quran sendiri buah zaitun juga disebut sebanyak 7 kali, yakni dua kali disebutkan secara mandiri dan lima kali disebut bersama-sama dengan buah lain. Surat yang menyebutkan buah zaitun di antaranya adalah surat At Tin, Al Mu’minun, An Nahl, An Nuur, Al An’am dan surat Abasa.

Buah zaitun juga disebut menjadi buah yang diberkahi, seperti pada surat An Nur ayat 35:

“..yang dinyalakan dengan minyak dari pohon yang diberkahi, yakni pohon zaitun yang tumbuh tak di sebelah timur dan tak pula di sebelah barat. Yang minyaknya hampir menerangi meskipun tak disentuh dengan api. Cahaya di atas cahaya yang berlapis-lapis..”

Zaitun banyak digunakan untuk memasak, juga bermanfaat untuk merawat kecantikan, menutrisi kulit serta rambut, serta bermacam manfaat lainnya. Karena zaitun memiliki banyak kandungan vitamin, mineral, antioksidan yang baik untuk tubuh. Anda dapat dengan mudah menemukan zaitun yang dikemas dalam bentuk minyak zaitun. Pastikan Anda memilih minyak zaitun yang berkualitas ya!

Buah Pisang

Pisang merupakan buah yang umum ditemukan di Indonesia, bahkan sudah menjadi makanan sehari-hari saking gampangnya ditanam dan didapatkan. Bagi Anda penggemar buah pisang, ternyata pisang juga termasuk buah yang disebut dalam Al Quran lho!

57.jpg

Photo by Anastasia Eremina on Unsplash

Bisa dicek dalam surat Al Waqiah ayat 29, yang artinya|terjemahannya), “... dan pohon pisang yang bersusun-susun buahnya..”

Pisang banyak disukai karena rasanya yang lezat, juga memiliki banyak manfaat yang baik untuk kesehatan. seperti sebagai sumber protein, kalsium, fosfor dan seterusnya.

Buah Delima

Delima disebutkan dalam Al-Quran surat Al An’am ayat 99 yang artinya, “... kami keluarkan dari tumbuhan yang menghijau butir yang banyak, dari mayang kurma mengurai tangkai-tangkai yang menjuntai, dan kebun-kebun anggur serta (kami keluarkan pula) zaitun dan delima yang serupa dan juga tidak serupa….”

Sama dengan buah surga sebelumnya, delima memiliki banyak manfaat untuk kesehatan antara lain sebagai antioksidan, mengobati penyakit jantung, mengurangi kolesterol jahat, anti kanker, mengurangi resiko penyakit radang sendi, menurunkan tekanan darah pada tubuh, menghambat penyakit Alzheimer serta baik untuk kesehatan kulit Anda.

Buah Anggur

Buah yang terakhir yaitu anggur. Buah yang memiliki banyak warna mulai dari hijau, merah, ungu, hingga kehitaman ini juga tersebut di dalam Al Quran. Buah anggur memiliki khasiat bahkan dalam beberapa tahap, mulai dari anggur muda yang masih mentah, anggur matang sampai yang dikeringkan (kismis).

56.jpg

Photo by Maja Petric on Unsplash

Anggur mengandung manfaat antara lain flavonoid yang baik untuk kesehatan jantung serta kandungan lain yang melancarkan pencernaan, mencegah kanker, mencegah penuaan dini  dan seterusnya. Sebaiknya makan anggur dalam bentuk buah, bukan yang difermentasi karena haram hukumnya meminum khamr atau minuman keras yang dapat memabukkan.

Itulah 6 buah yang disebutkan dalam Al Quran dan khasiatnya untuk kesehatan. Jadi, mana buah kesukaan Anda? Semoga bermanfaat!

Chat Dengan Kami
built with : https://erahajj.co.id