Memudahkan Anda Menuju Baitullah

Ibadah Umrah Lebih Lancar, Jangan Lupa Mengikuti Manasik Umrah

Kategori : Info Menarik, Umrah, Ditulis pada : 21 September 2022, 15:14:13

Berkesempatan untuk berkunjung ke Baitullah untuk beribadah umrah pasti menjadi hal yang sangat dirindukan oleh setiap muslim dari seluruh penjuru dunia. Butuh persiapan yang ekstra agar perjalanan ibadah umrah dapat berjalan dengan lancar. Salah satu persiapan yang dilakukan adalah dengan melakukan manasik umrah.

Manasik umrah tidak termasuk dalam rukun atau wajib umrah, akan tetapi kegiatan ini cukup penting untuk dikerjakan supaya Anda sebagai calon jamaah umrah dapat menunaikan ibadah umrah dengan tata cara yang benar. Lalu, apa sih sebetulnya manasik umrah itu? Berikut hal-hal yang harus Anda pahami perihal manasik ibadah umrah.

WhatsApp Image 2022-09-21 at 15.28.09.jpeg

Photo by ibrahim uz on Unsplash

Apa itu Manasik Ibadah?

Manasik umrah yaitu peragaan pelaksanaan ibadah umrah yang benar mulai dari rukun hingga tata caranya secara menyeluruh. Manasik ini biasanya dilaksanakan oleh pihak travel umroh tempat Anda mendaftarkan diri menjadi jamaah umrah.

tentunya, akan ada pembimbing khusus dalam kegiatan manasik umrah ini. Anda akan diberikan arahan mulai dari bagaimana pelaksanaan rukun umrah, tata cara umrah yang benar, juga praktek langsung bagaimana ibadah umrah yang sesuai syariat. Tidak hanya sekedar teori akan tetapi juga prakteknya, sehingga Anda jauh lebih mudah untuk memahami bagaimana pelaksanaan ibadah umrah tersebut.

Agar bisa lebih merasakan suasana ketika di Baitullah, sewaktu manasik umrah juga akan menggunakan properti yang menyerupai contohnya miniatur Ka’bah. Kemudian peserta manasik umrah juga akan mengenakan pakaian ihram layaknya sedang menunaikan ibadah umrah yang asli.

Selain menjelaskan rukun dan tata cara umrah, pembimbing juiga akan memberikan arahan seperti sosialisasi tentang peraturan-peraturan pemerintah Arab Saudi yang berlaku, agar para jamaah tidak melanggar hal-hal yang tidak diperbolehkan.

Nah, untuk tata caranya sendiri kurang lebih mencakup pelaksanaan rukun dan wajib umrah. Berikut penjelasannya:

Tata Cara Manasik Umrah

Ada beberapa urutan pelaksanaan manasik umrah. Manasik ini bisa juga disebut sebagai latihan, karena Anda akan mempraktekkan langsung apa yang akan Anda lakukan ketika umrah. Jadi, tata caranya kurang lebih serupa dengan rukun dan wajib umrah.

Niat Ihram di Miqat dengan Memakai Pakaian Ihram

Hal pertama yang dikerjakan ketika manasik yaitu melaksanakan rukun umrah pertama yakni ihram. Sebelumnya, lakukan beberapa sunnah ihram antara lain memotong kuku, memangkas rambut (tidak boleh sampai gundul untuk laki-laki), mencukur kumis, jenggot serta bulu lainnya di tubuh. Dilanjutkan mandi, menyela-nyela jari tangan serta kaki, di akhiri dengan berwudhu.

Dilanjutkan dengan mengenakan pakaian ihram. Pakaian ihram untuk laki-laki desainnya khusus, yaitu pakaian berwarna putih terdiri dari dua bagian yakni kain bagian atas yang disebut Rida serta kain bagian bawah yang disebut Izzar. Pakaian ihram untuk wanita, pakaian ihram sama dengan pakaian muslimah waktu shalat. Harus menutup aurat, kecuali wajah dan telapak tangan, menjulur sampai ke dada serta mengenakan kaos kaki supaya bagian bawah tertutup.

Tahapan selanjutnya adalah shalat sunnah ihram, yang bisa dikerjakan ketika mendirikan shalat wajib maupun shalat sunnah lainnya. Jadi, bukan dikhususkan shalat sunnah untuk ihram. Dan terakhir melakukan niat di tempat miqat yakni Bir Ali.

Sewaktu berihram di Baitullah, upayakan untuk memperbanyak dzikir dan mengucap talbiyah yang berbunyi, “Labaikkallahumma labbaik”. Bisa juga dengan bacaan talbiyah versi yang lebih utuh. Banyak-banyak dzikir dan hindari segala larangan saat berihram.

Thawaf Mengelilingi Ka’bah

Selanjutnya adalah berlatih memperagakan salah satu kegiatan rukun umrah yakni thawaf. Thawaf adalah berjalan mengelilingi Ka’bah sebanyak 7 kali putaran. Dimulai dari Hajar Aswad dan berakhir di Hajar Aswad pula, disunnahkan untuk memperbanyak membaca takbir ketika thawaf.

Selesai thawaf, disunnahkan pula untuk melaksanakan shalat sunnah di belakang Maqam Ibrahim. Anda dapat memperbanyak doa di tempat ini, sebab Maqam Ibrahim merupakan salah satu tempat yang mustajab untuk berdoa.

Melaksanakan Rukun Sa’i

Sebelum menunaikan rukun sa’i, disunnahkan minum air zam-zam sambil berdoa. Proses manasik selanjutnya adalah mempraktekkan rukun umrah ketiga yaitu sa’i. Sai dikerjakan dengan cara berjalan cepat di antara bukit Shafa dan Marwah.

Anda membutuhkan kekuatan fisik yang prima agar dapat melaksanakan rukun ini, sehingga dengan melakukan manasik umrah Anda bisa mencoba agar nantinya lebih siap ketika pelaksanaan umrah yang sebenarnya.

Tahallul, Memotong Sebagian Rambut atau Mencukur Seluruhnya

Nah, hal terakhir yang dilakukan ketika manasik haji adalah mempraktekkan tahallul yaitu memangkas sebagian rambut atau seluruhnya (bagi laki-laki). Tahallul ini dapat dilakukan oleh siapa saja, asal sudah menjalankan rukun umrah juga. Yang penting tidak berlawanan jenis. Khusus jamaah perempuan, lebih utama tahallul dilakukan oleh mahramnya, atau sama-sama jamaah perempuan yang telah melakukan rukun umrah pula.

Itulah beberapa tahapan manasik umrah, terutama bab rukun umrah yang cukup penting untuk dilakukan secara tepat, karena hukumnya wajib.

WhatsApp Image 2022-09-21 at 15.33.26.jpeg

Image by Konevi from Pixabay

Manfaat Manasik Umrah

Untuk yang melaksanakan manasik umrah, Anda akan mendapatkan banyak manfaat dibandingkan dengan yang tidak melaksanakannya. Manfaat manasik umrah antara lain:

- memahami tata cara ibadah umrah yang benar, agar tidak terjadi kekeliruan ketika melaksanakan rukun ataupun wajib umrah.

- Mengetahui gambaran situasi serta kondisi ketika berada di Baitullah, dan tahu apa yang harus dikerjakan selama menunaikan ibadah umrah

-Lebih mengenal pembimbing jamaah dan teman serombongan yang berangkat bersama dari tanah air.

-Memahami peraturan ketika di bandara serta itinerary.

-Memantapkan hati dan siap untuk menjalani ibadah umrah.

Itulah pentingnya memahami tentang manasik ibadah umrah. Anda harus menyiapkan diri secara mental dan fisik sebelum berangkat melaksanakan ibadah umrah ke baitullah. Jangan lewatkan manasik umrah ini karena sangat penting untuk Anda ikuti. Selamat menjalani manasik ibadah umrah!

Chat Dengan Kami
built with : https://erahajj.co.id