Memudahkan Anda Menuju Baitullah

Tips Konsisten Menabung Untuk Umrah

Kategori : Umrah, Tips, Ditulis pada : 05 November 2022, 10:30:16

Pandemi memang belum sepenuhnya berakhir, namun kita semua berdoa semoga kita semua bisa segera berangkat ibadah umrah di kondisi new normal ini. Salah satu cara untuk menjaga niat baik kita untuk melaksanakan ibadah umrah adalah dengan menyiapkan tabungan untuk umrah saat pandemi berlangsung, dan menyegerakan untuk beribadah umrah bila ada kesempatan untuk berangkat ke tanah suci.

bady-abbas-67GC0YaeGQc-unsplash.jpg

Photo by bady abbas on Unsplash

Nah, dalam artikel ini kami akan membagikan tips bagaimana supaya Anda bisa konsisten menabung untuk persiapan umrah nantinya. Semoga tips ini bermanfaat!

Tentukan Budget dan Jumlah Tabungan

Langkah pertama dalam menabung untuk biaya umrah adalah dengan menentukan budget. Tentu saja, Anda harus tahu kisaran biaya untuk ibadah umrah. Bukan hanya biaya tiket dan sebagainya, tetapi juga termasuk uang saku, biaya lain-lain seperti pengurusan paspor dan vaksin. Apalagi saat new normal ini, Anda akan dikenakan biaya tes PCR, biaya hotel karantina dan lain sebagainya. Jumlahnya tentu tidak sama dengan umrah di masa sebelum pandemi.

Anda bisa mencari tahu dengan bertanya kepada orang yang sudah pernah berangkat umrah saat pandemi ini, atau dengan mencari tahu di internet mengenai kisaran biayanya. Dengan demikian, Anda dapat menaksir jumlah tabungan yang cukup untuk biaya umrah.

Mencari Informasi Tentang Paket Umrah di Web

Cara termudah untuk mengetahui angka tabungan yang Anda perlukan untuk ibadah umrah adalah dengan mencari informasi tentang paket umroh di website travel umroh. Seperti yang sedang Anda lakukan sekarang ini, Anda bisa sekaligus mencari info harga paket umrah yang sesuai dengan kemampuan Anda melalui website.

Mengapa harus di web? Karena bila Anda mencari hanya lewat sosial media saja, Anda bisa saja memperoleh informasi yang salah dari travel umrah yang tidak terpercaya. Oleh karena itu, Anda harus jeli dan teliti saat mencari informasi tentang paket umrah yang akan Anda beli.

Mencari Info Tentang Tabungan Umrah

Selain mencari info harga paket umrah, Anda juga bisa mencari info tentang tabungan umrah. Ada kalanya travel memberikan program-program tabungan untuk umrah. Selain program tabungan, juga ada program cicilan. Anda bisa bertanya kepada travel apakah ada program tersebut di travel umrah tempat Anda mendaftar|mendaftarkan diri) sebagai jamaah.

kaleidico-RDYdOvk8ats-unsplash.jpg

Photo by Kaleidico on Unsplash

Kami menyarankan supaya selalu waspada saat menyerahkan dana tabungan umrah Anda. Apabila Anda kurang yakin terhadap keamanan uang yang Anda serahkan, maka Anda bisa mencari alternatif untuk menabung umrah.

Memilih Cara yang Cocok Bagi Anda untuk Menabung Umrah

Seperti yang kami singgung di poin sebelumnya, Anda bisa memilih alternatif lain untuk menabung umrah. Ada berbagai macam cara menabung umrah, seperti :

  • Tabungan Umrah di Bank. Anda bisa membuka tabungan khusus umrah di bank syariah atau BMT dengan setoran awal yang ringan dan setoran selanjutnya nominalnya ditentukan oleh bank (menggunakan metode autodebet) atau setoran bebas dengan minimal jumlah penyetoran tertentu. Program ini bisa membuat Anda lebih konsisten menabung untuk umrah.
  • Tabungan Umrah di Travel. Biasanya, ada program penyetoran deposit dan angsuran untuk membayar paket umrah di travel. Karena program di tiap travel berbeda-beda, ada baiknya Anda bisa mencari tahu informasinya di travel dan memilih tabungan umrah di travel sesuai dengan kemampuan Anda.
  • Tabungan Umrah Konvensional. Jika Anda lebih suka menabung secara konvensional di celengan atau amplop dengan uang tunai, tidak ada salahnya menggunakan cara ini. Tentunya setelah mencapai jumlah tertentu, menyimpan uang secara tunai dalam jumlah besar ada resiko uang Anda hilang. Jadi, lebih aman jika sudah terkumpul Anda menyetorkannya ke bank atau lembaga keuangan lainnya.
  • Menabung Emas. Mungkin ini kurang cocok dilakukan apabila Anda akan berumrah dalam waktu dekat. Namun, jika Anda ingin umrah minimal 5 tahun dari sekarang, menabung emas bisa menjadi pilihan agar nilai uang Anda tidak berkurang karena inflasi.

Mulai Menabung untuk Umrah

Cara berikutnya adalah dengan mulai menabung sekarang juga. Tidak ada gunanya Anda terus bingung untuk menabung, mulai saja dengan apa yang ada di depan Anda saat ini. Misalnya Anda memiliki uang 100.000 rupiah, maka Anda dapat menjadikannya setoran awal tabungan umrah, atau mulai meniatkannya untuk tabungan umrah (menyisihkannya secara terpisah dari dompet Anda).

dayne-topkin-y5_mFlLMwJk-unsplash.jpg

Photo by Dayne Topkin on Unsplash

Niat baik Anda insya Allah akan dicatat oleh Allah SWT dan teruslah berusaha menambah jumlah tabungan umrah Anda secara rutin.

Buat Tantangan Menabung Umrah

Apabila Anda tergolong kaum millennial, maka pasti Anda akan menyukai challenge atau tantangan menabung untuk umrah. Ikutilah tantangan menabung (biasanya postingan seperti ini banyak tersebar di media sosial), dan disiplin untuk mengikuti tantangan menabung tersebut hingga mencapai jumlah yang Anda butuhkan untuk biaya umrah.

Ajak Orang Lain Untuk Menabung Umrah

Mengajak orang lain untuk menabung umrah dapat menambah semangat kita untuk segera mencapai target tabungan umrah. Anda bisa membuat grup khusus atau mengikuti forum yang memiliki visi yang sama dnegan Anda, yakni bisa berangkat ke tanah suci dengan saling mengingatkan untuk menabung biaya umrah.

Kreatif Mencari Peluang Penghasilan lain untuk Umrah

Anda juga dapat mencari peluang di masa pandemi Corona ini untuk mendapatkan sumber penghasilan lain yang bisa Anda alokasikan untuk tabungan umrah. Anda bisa membuka bisnis baru, atau menjual sesuatu yang hasilnya bisa Anda sisihkan khusus di tabungan umrah.

Itulah beberapa trik supaya Anda dapat konsisten menabung untuk biaya perjalanan umrah Anda selama pandemi ini sehingga semangat Anda untuk beribadah umrah tetap terjaga. Apabila Anda sudah memiliki tabungan umrah, segera daftarkan diri Anda untuk beribadah umrah bersama kami. Info selengkapnya bisa diakses di website ini ya! Terima kasih.

Chat Dengan Kami
built with : https://erahajj.co.id