Memudahkan Anda Menuju Baitullah

Belajar 7 Kegiatan Selama Ibadah Umrah di Baitullah

Kategori : Umrah, Ditulis pada : 04 November 2022, 16:59:15

Mungkin banyak orang yang mengira bahwa umrah memerlukan durasi waktu yang panjang. Karena, biasanya, informasi paket umroh berdurasi antara 9 hingga 12 hari. Ternyata, untuk menjalankan rukun umrah hanya perlu waktu antara 3-12 jam saja! Wah, kalau demikian, ngapain aja ya aktivitas saat umrah?

Sebenarnya, macam-macam kok kegiatan yang bisa Anda lakukan untuk mengisi waktu umrah Anda. Selain menunaikan rukun wajib umrah, Anda juga bisa menjalankan aktivitas lain yang tentunya harus didominasi dengan kegiatan ibadah.

smartphone-570507_1280.jpg

Image by bohed from Pixabay

Sayang sekali, jika Anda melewatkan waktu-waktu di tanah haram, dengan melakukan hal-hal yang tidak bernilai pahala. Meskipun di jadwal itinenary dari travel umroh terbaik sudah pasti jadwal agenda yang akan kita jalani, namun tidak ada ruginya Anda membuat sendiri jadwal kegiatan agar Anda dapat maksimal beribadah di tanah suci. Setidaknya, ada 7 kegiatan yang dapat Anda lakukan selama ibadah umrah.

1) Menunaikan Rukun Umrah

Pokok dari perjalanan umrah adalah menunaikan rukun umrah : ihram, tawwaf, sa'i, tahallul dan tertib. Seperti yang sudah kami singgung tadi, durasi untuk melaksanakan ibadah umrah adalah 3-12 jam. Jadi, Anda dapat melakukan ibadah umrah berkali-kali ketika berada di tanah suci.

Waktu yang Anda gunakan dalam perjalanan pergi dan pulang ibadah umrah sudah cukup menghabiskan keseluruhan waktu ibadah umrah Anda. Seperti waktu untuk perjalanan naik pesawat saja tak kurang dari 9 jam, belum lagi perjalanan dari dan menuju tempat penginapan, perjalanan dari madinah ke makkah kurang lebih 14 jam PP, dll. Jadi, gunakan waktu semaksimal mungkin untuk menjalani rukun umrah.

2) Shalat Wajib Berjamaah di Masjidil Haram dan Masjid Nabawi

Kegiatan lain yang utama adalah ibadah sholat 5 waktu. Tentunya, shalat 5 waktu di Masjidil Haram dan Masjid Nabawi pantang untuk dilewatkan. Sebab, pahala shalat di kedua masjid tersebut sangat berlimpah.

Beribadah Shalat di Masjidil Haram setara dengan 100.000 kali lipat pahalanya dibandingkan shalat di tempat lain. Sedangkan shalat di Masjid Nabawi setara dengan 1000 kali lipat dibandingkan shalat di tempat lain kecuali Masjidil Haram.Tentunya, menunaikan shalat lima waktu di Masjidil Haram ini sangat utama, masa iya kita beribadah sunnah namun malah mengesampingkan ibadah fardhunya?

3) Ibadah Sunnah di Masjidil Haram

Selain shalat fardhu di Masjidil Haram, Anda juga dapat beribadah sunnah di Masjidil Haram seperti shalat rawatib, shalat dhuha, shalat tahajjud, dan shalat sunnah lainnya. Anda juga bisa melaksanakan ibadah lainnya seperti beri'tikaf, bersalawat, bersedekah, puasa sunnah, dan seterusnya. Perbanyak ibadah sunnah Anda selama di tanah suci, agar Anda bisa meraih keuntungan pahala sunnah saat beribadah umrah.

4) Melakukan Ibadah Sunnah di Masjid Nabawi

cami-3724921_1280.jpg

Image by Konevi from Pixabay 

Serupa dengan melakukan ibadah sunnah di Masjidil Haram, Anda jangan sampai melewatkan moment beribadah di Masjid Nabawi. Apalagi di Raudatul Jannah atau Raudhah, Anda boleh beri'tikaf, melaksanakan shalat sunnah, bersalawat, berdzikir dan berdoa di Masjid Nabawi dan di Raudhah, agar kesempatan meraih pahala terbaik bisa Anda peroleh.

5) Melaksanakan Shalat Sunnah di Masjid Quba

Ada suatu amalan yang tak boleh dilewatkan begitu saja saat umrah, yaitu ibadah shalat sunnah di masjid Quba. Menurut dari Hadits Nabi Muhammad SAW yang mana diriwayatkan oleh Abu bin Sahl bin Hunaif RA, ia pernah mendengar bahwasannya Nabi Muhammad SAW bersabda: ” Barang siapa yang bersuci di rumahnya, lalu mendatangi Masjid Quba, lalu ia salat di dalamnya, maka untuknya akan mendapat pahala seperti pahala ibadah umrah” . (HR. Tirmizi no. 298, Ibnu Majah no. 1401)

Masjid Quba ini letaknya di Madinah. Biasanya, ada agenda untuk singgah di masjid ini saat pagi hari, jadi Anda dapat shalat dhuha di Masjid Quba untuk meraih keutamaannya.

6) Membaca Al Quran dan Berdzikir

Usahakan Anda selalu tetap terjaga dari wudhu dan membawa mushaf Al Qur'an supaya Anda bisa membaca Al Quran kapanpun. Apalagi saat menunggu waktu-waktu shalat, sangat disayangkan bila Anda menghabiskannya dengan kegiatan yang kurang bermanfaat.

Selalu basahi lisan Anda untuk melantunkan ayat-ayat suci Al Qur'an dan berdzikir, sehingga Anda menjadi lebih tenteram dan khusyu dalam melaksanakan ibadah. Melupakan sejenak kegatan dunia yang Anda kerjakan di luar waktu umrah.

7) Memanjatkan Doa di Tempat-tempat Mustajab

Nah, inilah kegiatan favorit yang biasanya selalu diagendakan oleh jamaah umrah. Ya, berdoa di tanah suci adalah kesempatan yang tak ternilai harganya, karena Anda sedang bertamu di Rumah Allah. Jadi, berdoalah sebaik-baiknya, semaksimal mungkin sesuai dengan cita-cita kita. Biasanya, kita juga ada titipan permohonan doa dari kerabat, teman, dan rekan kita. 

Maka, berdoalah, daripada menyibukkan diri berswa foto, shopping, wisata kuliner, sebaiknya Anda agendakan khusus untuk memanjatkan doa dan siapkan catatan doa dari rumah agar tidak ada yang terlupa.

Itulah kegiatan yang bisa memperbanyak bobot pahala ibadah umrah kita. Ibadah umrah merupakan ibadah yang membutuhkan pengorbanan yang cukup besar baik dari segi biaya maupun dari segi fisik. Oleh karena itu, kita tidak lengah, dengan mengisi kegiatan di waktu umrah kita semaksimal mungkin. Jangan terlena dengan tergoda berbelanja dan berburu kuliner khas timur tengah saja, ya!

Chat Dengan Kami
built with : https://erahajj.co.id