Memudahkan Anda Menuju Baitullah

Tips Belanja Nyaman, Kunjungi Beberapa Tempat Belanja Oleh-Oleh Ketika Umrah

Kategori : Umrah, Tips, Ditulis pada : 02 November 2022, 09:13:02

Setelah menunaikan ibadah umrah, tak lengkap rasanya jika tidak menyempatkan diri untuk belanja oleh-oleh khas dari kota Makkah. Biasanya, ada agenda waktu khusus yang disediakan oleh biro travel umroh untuk para jamaah berbelanja oleh-oleh sebelum kembali ke Indonesia. Meskipun banyak juga yang menjual perlengkapan dan oleh-oleh haji di tanah air, namun lebih afdhol jika membawanya langsung dari Makkah.

Nah, buat Anda yang masih baru pertama kali melaksanakan umrah, tentunya tidak begitu mengetahui di mana saja sih Anda bisa belanja oleh-oleh ketika di Makkah? Padahal, ada beberapa pilihan pasar yang bisa Anda dijadikan tujuan utama untuk belanja. Tentunya ini juga mengikuti dari jadwal ibadah umrah Anda, setidaknya Anda tak perlu bingung lagi ketika ingin belanja.

5.jpgPhoto by ANDREA MUSTO on Unsplash

Berikut ini pasar belanja oleh-oleh khas di Makkah yang bisa Anda jadikan tujuan:

Pasar Utaibah

Tempat yang pertama adalah pasar Utaibah. Pasar Utaibah merupakan pasar tertua di Makkah yang menjadi pusat perdagangan warga kota Makkah. Anda dapat menemukan berbagai macam produk dengan harga terjangkau di pasar ini.

Pasar Utaibah terletak tiga kilometer dari Masjidil Haram, tepatnya ada di jalan Hujoon. Cukup dekat dari tempat Anda menunaikan ibadah umrah sehingga Anda lebih mudah menjangkaunya. Pasar ini selalu ramai dikunjungi baik ketika hari biasa maupun ketika bulan Ramadhan dan musim ibadah haji.

Pasar Utaibah menjadi tempat yang paling disukai bagi warga Makkah dan jamaah umrah. Bagaimana tidak, harga yang dijual di pasar Utaibah bisa dibilang sangat murah dibandingkan dengan harga yang dipasang di mal Makkah.

Untuk produk yang serupa, harga di mal Makkah bisa mencapai 5 kali lipat lebih dari harga di Pasar Utaibah. Sebagai gambaran, misalnya harga satu barang di mal 400 riyal, maka harga di Pasar Utaibah bisa didapatkan hanya 70 riyal saja!

Pasar Ja’fariyah

Tempat belanja buah tangan yang lain di sekitar Masjidil Haram adalah Pasar Ja’fariyah. Anda dapat berbelanja aneka cinderamata yang dapat dijadikan oleh-oleh untuk keluarga di tanah air. Pasar Ja’fariyah tak pernah sepi dikunjungi, jadi jangan lupa Anda menyempatkan diri untuk ke Pasar Ja’fariyah ketika mengunjungi Makkah.

Pasar Hijaz

Ingin berbelanja barang bermerek di Mekkah? Pasar Hijaz pilihan yang tepat. Pasar Hijaz terkenal menawarkan barang-barang bermerek yang tentunya berkualitas, baik produk lokal ataupun merek internasional. Tak heran jika Pasar Hijaz terkenal dengan kemewahan tempatnya.

Tak hanya itu, Pasar yang berlokasi di Jalan Makkah-Jeddah ini juga menjual aneka olahan makanan yang beragam dari penjuru dunia. Jangan lewatkan berkunjung ke pasar Hijaz untuk merasakan pengalaman belanja selama di Arab Saudi.

Pasar Aziziyah

Pasar Aziziyah terletak agak jauh dari Makkah, tepatnya di distrik Aziziyah. Tak perlu khawatir, Anda bisa tetap mengunjunginya dengan transportasi darat.

Bisa dibilang, Pasar Aziziyah adalah pasar paling besar di kota Makkah. Aneka keperluan seperti perlengkapan rumah tangga, alat elektronik, dan tentu saja oleh-oleh khas Arab Saudi bisa Anda temukan di sini.

Pasar Syar’i Al- Hajj

Terakhir, Anda bisa mengunjungi pasar Syar’i Al- Hajj. Anda bisa menemukan barang-barang keperluan rumah tangga dengan harga cukup murah di pasar Syar’i Al-Hajj. Misalnya sajadah, yang pastinya cocok Anda bawa ke tanah air sebagai oleh-oleh umrah.

6.jpg

Image by fsHH from Pixabay

Itulah beberapa tempat di Makkah yang bisa Anda jadikan daftar tempat untuk belanja oleh-oleh khas umrah. Ternyata, oleh-oleh khas tak hanya kurma, lho! Ada berbagai macam pilihan oleh-oleh yang bisa Anda jadikan oleh-oleh untuk kerabat.

Antara lain, kacang Arab, cokelat Al Hadi, cokelat kerikil, kismis, Madu Khasmir, kacang pistascio, kacang almond, Malban (nougat Lebanon), serta buah tin. Wah, menarik sekali kan? Jenisnya pun sangat bermacam-macam. Anda juga bisa menentukan pilihan untuk oleh-oleh berupa barang supaya lebih tahan lama. Nah, Anda bisa berburu oleh-oleh khas tersebut di pasar-pasar yang sudah disebutkan di atas.

Sebagai tambahan, ada sedikit tips untuk Anda coba ketika belanja di pasar-pasar Makkah. Pastinya, Anda ingin membeli oleh-oleh barang yang berkualitas dan harga yang terjangkau bukan? Berikut tipsnya:

  • Membuat Daftar Belanja

Tips yang pertama yaitu membuat daftar belanja. Anda dapat menyiapkan catatan apa saja barang yang ingin Anda beli sesuai kebutuhan, bahkan sebelum berangkat ke tanah suci.

Rencanakan siapa saja yang ingin Anda berikan oleh-oleh sepulang dari umrah, berapa banyak yang Anda butuhkan, dan tentu saja sesuaikan dengan bagasi yang tersedia. Jangan sampai kelebihan beban sehingga Anda kesusahan membawa pulang oleh-oleh yang sudah Anda belanja di tanah suci. Sayang bukan?

  • Jangan Berpenampilan Terlalu Mencolok

Saat belanja di pasar Makkah, upayakan berpenampilan sederhana saja, jangan sampai terlalu menarik perhatian karena pedagang pun pasti dapat membaca profil Anda. Dengan berpenampilan biasa, Anda tidak akan ditawari dengan harga yang terlalu tinggi, karena si pedagang akan berfikir bahwa Anda ‘mampu’ membayar barang dengan harga yang mahal.

  • Sesuaikan Anggaran

Tips selanjutnya adalah sesuaikan dengan anggaran yang sudah Anda rencanakan dari rumah. Memang, ada banyak sekali barang yang bisa kita beli. Namun, jika Anda tidak membatasinya dengan anggaran tertentu, bisa jadi Anda akan membeli yang tidak dibutuhkan dan akhirnya dana Anda akan habis.

  • Persiapkan Uang Riyal

Seperti yang diketahui, mata uang yang berlaku di Arab Saudi yaitu Riyal. Anda bisa menukarkan uang rupiah Anda di tempat penukaran uang asinhg sebelum pergi ke tanah suci. Ingat, pastikan sesuai dengan anggaran ya!

  • Pilih Barang yang Tahan Lama

Yups, selain aneka camilan yang disebutkan di atas, Anda bisa memilih cinderamata seperti permadani, tasbih, miniatur atau hiasan bergambar ka’bah, jilbab, abaya, hingga air zam-zam. Barang-barang tersebut tak terlalu mengandung resiko dibawa ke Indonesia.

  • Mengerti Bahasa Arab Meskipun Sedikit

Anda bisa mulai belajar bahasa Arab sederhana yang bisa Anda praktekkan ketika berbelanja di Makkah. Para pedagang tentu ingin mengetahui keinginan Anda, dan akan lebih mudah jika tahu apa yang Anda ucapkan. Namun, kebanyakan pedagang di pasar Makkah juga cukup mengerti Bahasa Indonesia lho!

Itulah beberapa tips yang dapat Anda lakukan agar belanja oleh-oleh semakin menyenangkan. Jadi, sudah buat daftar belanjaan belum? Semoga tulisan ini bermanfaat.

Chat Dengan Kami
built with : https://erahajj.co.id