Memudahkan Anda Menuju Baitullah

Tips Seputar Persiapan Umrah Bersama Keluarga

Kategori : Umrah, Tips, Ditulis pada : 26 Oktober 2022, 11:06:12

Bagi umat muslim, menunaikan ibadah umrah merupakan hal yang diimpikan. Banyak keutamaan yang ada pada ibadah umrah, antara lain Anda akan menjadi ‘tamu di rumah Allah|Baitullah’ di tanah suci yakni kota Makkah dan Madinah. Anda dapat beribadah dengan tenang dan khusyu’ di Masjidil Haram, lebih mendekatkan diri dengan Allah, mendapat pahala yang berlipat ganda, memanjatkan doa di tempat yang mustajab, berkunjung ke makam Nabi Muhammad SAW di Masjid Nabawi, dan masih banyak lagi keutamaan yang akan Anda peroleh.

22.jpg

Photo by Octav Cado on Unsplash

Apalagi jika dapat menunaikannya bersama keluarga tersayang, tentu lebih menyenangkan. Merasakan nikmatnya ibadah di Baitullah dengan orangtua, suami atau istri, juga dengan anak-anak. Pastinya, banyak persiapan yang wajib dilakukan supaya perjalanan umrah dapat berjalan dengan lancar sesuai dengan keinginan.

Nah, buat Anda yang ingin beribadah umrah bersama keluarga, berikut ini akan kita berikan beberapa tips persiapan ibadah umrah sekeluarga. Yuk, simak selengkapnya!

Niat Umrah Sekeluarga

Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah berniat untuk beribadah umrah. Pastinya, Anda harus berkomunikasi dengan keluarga Anda agar masing-masing meniatkan diri untuk pergi beribadah umrah. Kesamaan niat ini akan lebih mendekatkan impian Anda untuk bisa beribadah umrah dengan keluarga.

Bayangkan, jika hanya Anda yang memiliki niat untuk umrah, sedangkan keluarga Anda ternyata yang belum memiliki niat umrah. Ingat, pergi beribadah ke Baitullah tak hanya masalah kesiapan materi, tetapi juga kesiapan batin. Dan Allah hanya ‘mengundang’ hamba-Nya yang telah memiliki dua kesiapan tersebut.

Jadi, pastikan Anda dan keluarga telah sama-sama berniat untuk beribadah umrah ya!

Persiapkan Dana yang Dibutuhkan

Niat saja tidak cukup, maka harus dibarengi dengan usaha yaitu menyiapkan sejumlah dana yang bisa menghantarkan Anda sekeluarga mendaftar umrah pada travel umroh terpercaya. Apalagi jika yang pergi dua orang atau lebih, makin banyak jumlah keluarga yang ikut, maka biaya yang harus dibayarkan juga semakin tinggi. Jadi, Anda perlu merencanakan untuk persiapan biaya tersebut.

23.jpg

Photo by Micheile Henderson on Unsplash

Misalnya dengan membuat tabungan umrah. Hitung berapa anggaran dana yang dibutuhkan untuk bisa pergi umrah bersama keluarga. Jika rata-rata biaya yang dikeluarkan untuk umrah sekitar 25 juta rupiah, tinggal dihitung berapa jumlah anggota keluarga yang mendaftar. Anda dapat mencari harga paket umroh keluarga yang dapat menghemat biaya yang harus Anda bayarkan.

Tentu saja, Anda bisa mencoba tabungan umrah dengan nominal semampu Anda terlebih dahulu. Dengan cara ini, Anda telah menunjukkan ikhtiar dan kesungguhan Anda dihadapan Allah supaya dimampukan untuk berangkat umrah. Bukankah Allah yang Maha Mencukupkan? Sudah banyak kisah, bagaimana Allah memampukan siapa saja yang Dia undang ke tanah suci. Dan berapa banyak orang yang sebetulnya mampu, tapi tak kunjung juga pergi umrah?

Melengkapi Dokumen dan Paspor

Semakin banyak jumlah keluarga yang ikut dalam perjalanan umrah, maka semakin banyak pula surat-surat yang harus Anda persiapkan. Sebaiknya, cari tahu dan catat surat-surat apa saja yang diperlukan untuk mendaftarkan diri menjadi calon jamaah umrah. Anda dapat mencari informasi yang lengkap di internet, atau bertanya ke biro perjalanan umrah yang Anda percaya.

Kenapa Anda perlu mencatat dokumen yang diperlukan? Supaya Anda tak perlu bolak-balik saat mengurus dokumen Anda dan keluarga. Buatlah ceklist yang mempermudah Anda mengecek apakah dokumen yang diperlukan sudah lengkap atau belum. Anda juga perlu membuat paspor jauh-jauh hari, karena hal tersebut juga memakan waktu. Persiapan yang sungguh-sungguh akan mempermudah Anda sekeluarga untuk melaksanakan umrah dengan lancar.

Cek Kondisi Kesehatan Anggota Keluarga

Kesehatan fisik sangatlah perlu untuk diperhatikan, sebelum melaksanakan umrah bersama keluarga. Karena sebagian besar kegiatan, baik itu rukun maupun ibadah lain di tanah suci merupakan ibadah fisik yang butuh kondisi tubuh yang kuat. Belum lagi perjalanan Indonesia-Makkah, Makkah-Madinah, dan seterusnya yang juga menguras tenaga.

21.jpg

Photo by Naassom Azevedo on Unsplash

Tidak hanya kesehatan diri sendiri, namun setiap anggota keluarga perlu diketahui kondisi kesehatannya. Ketahui, apakah anggota keluarga ada yang mempunyai riwayat sakit, alergi, atau penyakit kambuhan jadi dapat diantisipasi oleh anggota keluarga lain yang ikut bersamanya. Alangkah baiknya berkonsultasi dengan dokter dan memeriksakan kondisi kesehatan secara menyeluruh sebelum berangkat ibadah umrah.

Memilih Waktu Umrah yang Tepat

Dikarenakan jadwal kegiatan yang tidak sama, seperti orangtua yang harus pergi kerja, anak yang masuk sekolah, dan seterusnya maka dibutuhkan pemilihan waktu yang pas untuk menjalankan umrah sekeluarga. Jangan sampai waktunya bentrok, sehingga aktivitas utama justru terabaikan.

Anda bisa memilih waktu-waktu seperti libur sekolah anak-anak ketika kenaikan kelas, liburan akhir dan awal tahun, cuti kerja, sebelum dan setelah musim haji ( supaya tak terlalu ramai) atau saat bulan Ramadhan. Jadwalkan waktu khusus yang disepakati agar bisa dijalani oleh semua anggota keluarga.

Menyiapkan Barang yang Akan Dibawa

Nah, jika kesiapan dokumen sudah lengkap, kapan pelaksanaan umrah juga sudah dipilih, saatnya Anda menyempatkan waktu membuat daftar barang yang Anda dan keluarga butuhkan. Ketika mempersiapkan barang bawaan, pasti semua terlihat penting untuk dibawa. Sehingga Anda tidak menyadari bahwa barang bawaan Anda terlalu banyak bahkan tidak muat melebihi daya tampung bagasi pesawat Anda.

Oleh karena itu, Anda harus serius memikirkan prioritas barang yang penting Anda bawa. Bawalah yang penting saja, ingat bahwa Anda tidak sedang pindahan selamanya namun hanya melakukan perjalanan ibadah umrah. Ketahui berapa bagasi yang tersedia untuk Anda. Pertimbangkan juga bahwa ketika kembali dari tanah suci, Anda perlu ruang bila Anda membeli oleh-oleh khas Arab untuk dibawa pulang ke tanah air.

Perbanyak Berdoa dan Rajin Bersedekah

Tips terakhir yang juga penting adalah banyak-banyak berdoa kepada Allah SWT, agar harapan Anda tercapai untuk dapat melaksanakan ibadah umrah ke Baitullah bersama keluarga. Tugas Anda terus berusaha, akan tetapi Allah yang menentukan apakah Anda layak untuk diundang ke rumah Allah sebagai tamu-Nya.

24.jpg

Photo by Annie Spratt on Unsplash

Tidak hanya berdoa saja, wujud ikhtiar Anda juga bisa dengan cara rajin bersedekah agar Allah mudahkan urusan Anda. Sehingga melancarkan proses Anda dalam melaksanakan ibadah umrah. Yakinlah bahwa Allah tak akan menyia-nyiakan usaha hamba-Nya yang serius dalam rangka melaksanakan ibadah.

Itulah beberapa tips persiapan ibadah umrah bersama keluarga yang bisa Anda terapkan. Semoga dapat memperkuat niat dan menambah semangat Anda dalam menjalankan ibadah ke tanah suci bersama orang-orang terdekat. Selamat mencoba!

Chat Dengan Kami
built with : https://erahajj.co.id