Memudahkan Anda Menuju Baitullah

Wisata Religi Selesai Ibadah Umrah, Inilah 7 Rekomendasi Lokasi yang Bisa Anda Kunjungi

Kategori : Umrah, Wisata, Ditulis pada : 24 Oktober 2022, 19:02:24

Siapa yang tak ingin melaksanakan ibadah ke Baitullah? Setiap muslim tentu ingin merasakan menjalankan rangkaian ibadah haji maupun umrah di Baitullah. Rasa rindu akan tanah yang menjadi saksi sejarah peradaban Islam itu, pasti ada dalam hati para mukminin. Setiap tahun, ribuan bahkan jutaan orang datang mengunjungi Ka’bah untuk menjalankan rukun Islam yang kelima tersebut.

Perjalanan ibadah umrah akan semakin lengkap bila Anda menyempatkan diri untuk mengunjungi beberapa tempat wisata religi di kota Makkah dan Madinah. Pastinya, wisata religi ini bisa Anda lakukan setelah melaksanakan seluruh rangkaian ibadah umrah.

Niat utama berkunjung ke Baitullah adalah untuk beribadah. Adapun agenda mengunjungi tempat wisata religi adalah tambahan yang biasanya diberikan oleh biro jasa travel umroh kepada para jemaah untuk semakin memperkuat keimanan dan semangat untuk beribadah. Sekaligus mengenang masa kejayaan Islam melalui melihat secara langsung lokasi bersejarah yang ada di sana.

Nah, inilah 7 tempat wisata religi yang dapat Anda datangi selepas umrah ketika berada di Baitullah. Yuk, simak selengkapnya!

Jabal Rahmah

Jabal Rahmah merupakan tempat yang memiliki nilai historis, yaitu tempat pertama kali bertemunya Nabi Adam dan Hawa setelah sekian lama diturunkan ke bumi. Tidak heran, begitu banyak kaum muslimin yang berkunjung ke Jabal Rahmah untuk menyaksikan secara langsung Jabal Rahmah.

Ciri khas yang ada di Jabal Rahmah ini, Anda dapat menjumpai tugu persegi panjang berwarna putih di atas bukit. Tugu beton ni menjulang dengan tinggi sekitar 8 meter. Untuk mencapai puncak bukit Jabal Rahmah, Anda harus naik setinggi 70 meter yang hanya dapat dilalui dengan cara berjalan. Jadi, pastikan Anda memiliki fisik yang kuat ya!

Gunung Uhud

Destinasi yang kedua yaitu Gunung Uhud. Masih ingatkah Anda tentang sejarah Perang Uhud? Ya, Perang Uhud adalah perang yang cukup terkenal di zaman Rasulullah. Karena pada saat itu terjadi peperangan antara umat muslim dan kaum kafir Quraisy di Gunung Uhud. Umat Islam terpukul sebab mengalami kekalahan.

31.jpg

Photo by Sulthan Auliya on Unsplash

Tentunya, banyak hikmah atas kekalahan umat Islam pada saat itu. Yaitu, dalam peperangan wajib tunduk pada perintah panglima perang yang waktu itu dipimpin oleh Rasulullah. Karena tidak taat, maka akan mudah dikalahkan oleh musuh. Saat itu, kaum kafir Quraisy dipimpin salah satu panglima perang paling baik yaitu Khalid bin Walid, yang kemudian akhirnya masuk Islam. Bahkan, ia mendapat julukan Syaifullah yang artinya pedang Allah.

Gunung setinggi kurang lebih 350 meter ini berlokasi di utara kota Madinah. Anda bisa mengunjungi Masjid Al Fash, sekaligus berkunjung ke makam para sahabat Nabi yang gugur di perang Uhud. Di sini juga terdapat tempat Rasulullah melaksanakan shalat selesai perang Uhud.

Masjid Quba’

Tempat berikutnya adalah Masjid Quba’. Masjid Quba adalah masjid yang dibangun oleh Rasulullah saat hijrah yaitu pada tahun 1 Hijriyah atau tahun 622 Masehi. Masjid Quba juga menjadi masjid pertama umat Islam yang dipakai untuk Shalat Jumat. Jadi, banyak umat muslim yang ingin berkunjung di masjid bersejarah tersebut saat umrah.

32.jpg

Photo by Hasan Taha on Unsplash

Masjid Quba terlihat megah dengan dominasi warna putih sebagai identitasnya. Ada 3 pintu sebagai akses keluar masuk di Masjid Quba. Pada area tengah, Anda bisa menemukan sumur dan tempat wudhu (sahn), sedangkan di area luar masjid Anda bisa berbelanja aneka macam kurma untuk buah tangan. Masjid ini terus mengalami perbaikan, sehingga masih tetap berdiri kokoh sampai hari ini. Jadi, sempatkan untuk mampir ke sini ya, ketika melaksanakan ibadah umrah.

Gua Hira’

Gua Hira’ adalah tempat di mana Nabi Muhammad SAW menerima wahyu pertama kali. Anda juga dapat menyaksikan secara langsung tempat ini dari dekat, namun Anda harus dalam kondisi fisik yang fit untuk mencapai tempat ini. Sebab, jalan menuju Gua Hira’ melewati tebing yang lumayan curam. Jangan lewatkan mampir ke Gua Hira’ setelah melaksanakan rukun umrah agar mendapatkan pengalaman yang tak terlupakan.

Masjidil Haram

ketika menunaikan umrah, bisa dipastikan Anda akan mengunjungi Masjidil Haram yang berlokasi di Kota Makkah. Sebab sebagian besar rukun umrah dilakukan di tempat ini, mulai dari thawaf, sai, serta tahallul. Anda juga berkesempatan berdoa di tempat-tempat mustajab antara lain Hijr Ismail yang terletak di dekat bangunan Ka’bah. Rasakan nikmatnya beribadah dan beri’tikaf ketika berkunjung ke Masjidil Haram.

Masjid Nabawi

Masjid selanjutnya yang wajib Anda singgahi adalah Masjid Nabawi. Masjid yang terletak di Kota Madinah ini adalah masjid utama yang dipakai oleh Rasulullah selama mendakwahkan agama Islam di Kota Madinah. Dahulu, Masjid ini berdekatkan dengan rumah Rasulullah. Bahkan, Rasulullah juga dimakamkan di area masjid Nabawi.

33.jpg

 Photo by Afif Kusuma on Unsplash

Kerinduan pada Rasulullah dapat terobati ketika Anda berada di Masjid Nabawi. Masjid yang disebut masuk salah satu masjid terbesar di dunia ini senantiasa ramai oleh para jamaah umrah. Anda dapat mengunjungi Raudhah, salah satu tempat yang paling mustajab untuk memanjatkan doa.

Jannatul Baqi

Bagi Anda yang ingin berziarah makam, bisa berkunjung ke Jannatul Baqi di Kota Madinah. Di sanalah tempat dimakamkannya sebagian besar sahabat Rasulullah. Di lokasi yang dijuluki Tree Garden of  Heaven (Jannatul Baqi’) ini Anda dapat mendoakan para sahabat yang dikubur di sana.

Jabal Tsur

Selanjutnya, tempat dengan nama yang tak asing lagi yaitu Jabal Tsur. Ya, di tempat ini terdapat lokasi bersejarah yaitu Gua Tsur, tempat Rasulullah bersembunyi selama 3 hari bersama sahabatnya yaitu Abu Bakar ketika hijrah ke Madinah. Anda dapat menjadikan Jabal Tsur sebagai alternatif tempat untuk dikunjungi saat umrah.

Pasar Ja’fariyah

Terakhir, tak lengkap rasanya umrah tanpa membawa oleh-oleh saat kembali ke tanah air. Anda bisa mengunjungi Pasar Ja’fariyah yang letaknya 1 kilometer dari Masjidil Haram. Anda bisa berbelanja aneka camilan seperti kurma, kismis, dan sebagainya. Ada juga souvenir seperti tasbih dan sajadah yang dapat Anda bawa untuk buah tangan keluarga dan sahabat.

Nah, itu dia 7 tempat wisata religi yang dapat Anda kunjungi setelah menunaikan ibadah umrah. Semoga ibadah umrah Anda diterima, dan bisa merasakan perjalanan yang lebih berkesan dengan mengunjungi tempat-tempat tersebut.

Chat Dengan Kami
built with : https://erahajj.co.id