Memudahkan Anda Menuju Baitullah

Tips Sederhana yang Memudahkan Anda Selama Menjalankan Ibadah Umrah di Baitullah

Kategori : Info Menarik, Umrah, Haji, Tips, Ditulis pada : 23 Oktober 2022, 09:09:27

Menjalani ibadah umrah, tentu menjadi hal yang dinantikan bagi setiap umat muslim. Impian untuk bisa beribadah dengan khusyu’ di Masjidil Haram, melihat langsung bangunan ka’bah, mengunjungi tempat-tempat yang mustajab, berkunjung ke makam Rasulullah SAW, dan seterusnya sudah ada di benak. Namun, ada banyak hal teknis yang harus Anda pahami agar ibadah umrah Anda tak dipenuhi dengan membereskan hal-hal kecil yang membuat Anda ribet ketika di Baitullah.

said-alamri-XETXw59dsVo-unsplash.jpg

Photo by said alamri on Unsplash

Berikut ini ada 5 tips yang bisa Anda terapkan ketika di Baitullah, agar mempermudah Anda ketika melaksanakan ibadah umrah. Simak baik-baik dari awal sampai akhir yuk!

Tips Menggunakan Kamar Mandi

Bagi Anda yang tengah menunaikan ibadah umrah, menjaga wudhu sangat disarankan karena tidak setiap saat Anda dapat berwudhu. Pastinya Anda tidak akan bisa khusyu’ apabila harus bolak-balik ke tempat wudhu. Anda juga harus mengantisipasi kalau ingin menunaikan hajat atau ‘panggilan alam’ yaitu buang air kecil maupun buang air besar. Menuju ke toilet bukan hal yang gampang ketika Anda berada di Masjidil Haram.

37.jpg

Photo by Robert Thiemann on Unsplash

Hal ini karena desain bangunan Masjidil Haram berbeda dengan masjid kebanyakan, Anda harus tahu betul letak kamar mandi yang ada di Masjidil Haram. Kamar mandi ini berada di halaman masjid, tepatnya di dekat pintu masuk utama yaitu pintu King Abdul Aziz atau bersebelahan dengan pintu keluar Bukit Marwah. Bagi Anda yang tengah berada di area masjid, mau tak mau harus menghentikan aktivitas ibadah Anda dan berjalan keluar dari Masjidil Haram.

Harus diperhatikan lagi adalah waktu yang Anda habiskan selama di kamar mandi. Berjalan keluar masjid sudah menghabiskan waktu kurang lebih 10 menit, belum lagi antrian selama di toilet. Oleh karena itu Anda sebaiknya menghindari waktu-waktu ketika toilet ramai oleh jamaah. Biasanya, toilet ramai sebelum masuk jam sholat berjamaah seperti sholat Maghrib ataupun sholat Jumat. Sebaiknya, Anda memastikan semua urusan di kamar mandi sudah selesai sebelum memasuki area Masjidil Haram supaya Anda tidak perlu meninggalkan Masjid lagi di tengah-tengah ibadah.

Tips Menyimpan Uang Tunai yang Aman

Membawa uang tunai jadi kebutuhan tersendiri bagi Anda ketika menunaikan ibadah umrah sebagai alat pembayaran selama di tanah suci. Sebab, mata uang yang dipakai tidaklah sama dengan di Indonesia, Anda wajib menukar uang terlebih dahulu sebelum berangkat umrah. Anda dapat menukarkannya di jasa penukaran mata uang asing yang terpercaya.

Akan tetapi, sebaiknya Anda berhati-hati dalam membawa uang tunai. Bawa secukupnya saja, jika perlu hitung berapa kebutuhan Anda selama di tanah suci termasuk untuk berbelanja oleh-oleh sebelum kembali. Jika Anda memiliki uang tunai terlalu banyak, tentunya Anda bisa kerepotan menyimpannya. Ada rasa khawatir akan hilang dan seterusnya.

Anda dapat mencoba beberapa tips berikut ini. Bagi uang tunai Anda di beberapa tempat, jangan menaruh hanya ke dalam satu tas saja! Ini mencegah jika mengalami kehilangan, Anda masih punya cadangan uang tunai di tempat lainnya. Simpan secukupnya di dompet kecil yang terus dibawa kemanapun bahkan ketika dibawa ke masjid. Untuk sebagian lainnya bisa Anda tempatkan di tas yang Anda tinggalkan di tempat menginap. Simpan di bagian tas yang diyakini aman ya!

Anda juga bisa menaruh uang Anda di ATM, apabila membutuhkan uang tinggal mengambil di ATM. Membawa selembar kartu ATM jauh lebih simpel dibandingkan dengan membawa segepok uang tunai bukan? Nah, terakhir Anda bisa coba memanfaatkan save deposit box yang biasanya disediakan oleh pihak hotel tempat Anda bermalam. Hotel dengan minimal bintang 4 biasanya memiliki fasilitas ini. Jika tidak, Anda bisa menggunakan koper milik pribadi yang dapat Anda kunci ketika ditinggal-tinggal.

Agar Koper Tak Keliru dengan Jamaah Lain

Koper ialah salah satu barang penting yang dibutuhkan saat berangkat umrah untuk menyimpan barang-barang yang dibutuhkan saat berada di tanah suci. Namun, tak sedikit terjadi masalah mengingat sangat banyak koper jamaah lain yang menyebabkan kejadian kehilangan atau koper yang tertukar.

38.jpg

Photo by Italic on Unsplash

Nah, untuk mengantisipasi hal tersebut Anda sebaiknya menandai koper Anda agar bisa dikenali dengan mudah. Misalnya dengan melekatkan stiker bendera merah putih untuk mengidentifikasi bahwa itu adalah koper jamaah asal Indonesia. Kemudian, jangan lupa untuk menaruh identitas diri yang lengkap di koper Anda. Jika perlu pasang foto Anda juga agar lebih jelas. Hal ini menghindari koper Anda diklaim oleh pihak lain yang tidak bertanggung jawab.

Anda juga dapat memakai gantungan kunci unik dan mencolok, yang membedakan koper Anda dengan koper jamaah lain. Cara lainnya, ada pula yang mengikat pita yang warnanya seragam dengan teman satu rombongan untuk mempermudah|memudahkan memilih koper. Usahakan agar selalu memeriksa koper serta isi koper Anda secara berkala selama di tanah suci. 

Menyimpan Tanda Pengenal dan Dokumen Penting

Barang yang sangat penting untuk Anda bawa ketika beribadah umrah ialah tanda pengenal jamaah dan dokumen penting lainnya.Tanda pengenal tersebut biasanya berisi nama, usia, asal negara, nama regu (rombongan travel umroh) dan seterusnya sebagai identitas resmi Anda sebagai jamaah umrah.. Dokumen penting lainnya antara lain paspor, Anda harus menjaganya baik-baik supaya tidak hilang atau ketinggalan di suatu tempat.

Jadi, pastikan untuk menggunakan tas kecil untuk menampung tanda pengenal dan dokumen penting Anda agar dapat dibawa kemanapun Anda pergi. Jangan sekali-kali mempercayakan kepada orang lain, atau meletakkannya sembarangan saat wudhu atau meninggalkannya waktu beribadah. Tetap fokus merawat barang-barang bawaan Anda.

Membawa Benda-Benda Kecil yang Dibutuhkan

Benda-benda kecil ini tampak sepele, tapi harus selalu Anda simpan agar tidak kerepotan saat menjalani ibadah umrah. Antara lain gunting kecil untuk tahallul, gunting kuku, alat cukur jenggot, tali tambang (berfungsi untuk tali menjemur pakaian ketka di kamar dan mengikat koper), cotton buds, obat-obatan warung, kaos kaki dan sarung tangan agar tidak kedinginan.

39.jpg

Photo by Brett Jordan on Unsplash

Nah, itu tadi 5 tips praktis yang mempermudah Anda selama menunaikan ibadah umrah di tanah suci. Semoga Ibadah umrah Anda lancar, khusyu’ dan tentunya mabrur ya!

Chat Dengan Kami
built with : https://erahajj.co.id