Memudahkan Anda Menuju Baitullah

Memahami Tahallul dalam Rukun Haji dan Umrah.

Kategori : Info Menarik, Umrah, Haji, Ditulis pada : 16 Oktober 2024, 10:50:07

Memahami Tahallul dalam Rukun Haji dan Umrah

3.png

Dokumentasi by @alfauzitour

Sahabat Al- Fauzi, Jakarta- Saat menjalani ibadah haji dan umrah ada beberapa hal yang wajib dilakukan, yaitu rukun haji dan umrah. Ini penting banget karena kalau terlewat ibadah kita bisa dianggap tidak sah. Sebagai seorang Muslim kita harus paham rukun-rukun ini, karena haji itu salah satu rukun Islam yang wajib.

Salah satu rukun yang sering dianggap sepele tapi sebenarnya penting adalah tahallul. Jadi, tahallul itu adalah momen kita mencukur rambut, baik sedikit atau habis setelah menyelesaikan rukun sa’i. Secara sederhana, tahallul artinyamenjadi boleh atau halal”  Ini berarti setelah kita tahallul  kita sudah boleh melakukan hal-hal yang sebelumnya dilarang saat ihram.

Dengan melaksanakan tahallul menandakan rangkaian ibadah umroh telah selesai. Jadi, bisa dibilang tahallul adalah rukun terakhir dalam umrah yang wajib dikerjakan. Nah, bagaimana sih cara melaksanakan tahallul ini?

Al-Fauzi akan bahas tuntas tentang tahallul. Sebaiknya, kamu belajar tata cara tahallul sebelum berangkat haji atau umrah, supaya tidak bingung saat melakukannya. Biasanya, akan ada bimbingan dari ketua rombongan atau teman-teman jamaah. Yuk, simak artikel ini sampai selesai!

CARA PELAKSANAAN RUKUN TAHALLUL

Seperti yang telah dijelaskan dalam pengertian di atas, cara mengerjakan tahallul adalah dengan memangkas sebagian rambut atau seluruhnya. Sebagai dasarnya adalah firman Allah SWT dalam Q.S. Al Fath ayat 27 yang terjemahannya:

“Sesungguhnya kamu tetap memasuki Masjidil Haram (pada masa ditentukan ) dalam kondisi aman (menyempurnakan ibadah) dengan mencukur rambutmu, atau jika tidak menggunting sedikit rambutnya..”

Para ulama sepakat bahwa tahallul dibagi menjadi dua jenis: tahallul pertama (tahallul awal) dan tahallul kedua (tahallul tsani). 

Tahallul pertama terjadi setelah kamu melakukan dua dari tiga amalan haji, yaitu melempar jumrah Aqabah dan mencukur rambut atau thawaf ifadhah. Jadi, setelah tahallul pertama, kamu sudah bisa bebas dari larangan ihram, kecuali untuk berhubungan suami istri dan menikah.

Nah, tahallul tsani terjadi ketika kamu sudah menyelesaikan ketiga amalan itu, dan saat itu kamu bisa melakukan semua hal yang dilarang saat ihram, seperti memakai pakaian berjahit, menggunakan wewangian, serta berhubungan suami istri dan menikah.

Tahallul biasanya dilakukan setelah rukun sa’i, khususnya di bukit Marwa. Untuk jamaah laki-laki, boleh memangkas sedikit, tapi lebih baik kalau mencukur habis rambutnya sesuai yang diajarkan Rasulullah SAW. Jika ingin mencukur semua rambut, sebaiknya dilakukan di luar Masjidil Haram, bukan di sekitar bukit Marwa.

Kenapa harus gundul?  Karena terdapat keutamaan jika seseorang yang haji atau umrah mencukur habis rambutnya. Dalam riwayat disebutkan bahwa Nabi SAW mendoakan satu kali kepada orang yang mencukur sebagian rambutnya, namun bagi orang yang mencukur habis rambutnya maka Rasulullah mendoakan sebanyak tiga kali. Tentunya, Anda ingin didoakan Rasulullah lebih banyak bukan? Kecuali, bagi jamaah laki-laki yang tidak memiliki rambut, maka cukup dengan isyarat mencukur rambut.

Untuk jamaah wanita, cukup potong minimal tiga helai rambut yang dipotong oleh wanita lain, suami, atau mahram yang sudah melaksanakan tahallul. Hal yang perlu diingat, khususnya untuk wanita adalah menjaga aurat agar tetap tertutup saat memotong rambut, karena rambut juga termasuk aurat.

Tahallul dilakukan dengan cara memangkas rambut, yang menandakan bahwa kamu sudah bebas dari larangan saat ihram. Selain itu, tahallul juga melambangkan pembersihan diri, meninggalkan pikiran negatif, dan hal-hal yang tidak bermanfaat. Setelah tahallul, kamu bisa melanjutkan kehidupan sehari-hari dengan lebih baik setelah kembali ke tanah air.

MAKNA TAHALLUL

Dari tahallul, kamu bisa belajar untuk meningkatkan keimanan kepada Allah SWT. Ini mirip dengan membersihkan diri dari dosa-dosa dan sifat buruk, serta berusaha memperbaiki amalan yang mungkin selama ini terabaikan sebelum berangkat haji dan umrah. Ibadah yang kamu jalani selama haji atau umrah juga bisa menambah semangatmu dalam beribadah.

Tahallul adalah rukun terakhir dalam haji dan umrah. Dengan melaksanakan tahallul, rangkaian ibadah haji dan umrah kamu pun selesai. Nah, itulah beberapa hal mengenai tahallul dalam rukun haji dan umrah. Semoga informasi ini bermanfaat, terutama bagi kamu yang sedang mempersiapkan keberangkatan ke tanah suci.***

 

Chat Dengan Kami
built with : https://erahajj.co.id