Memudahkan Anda Menuju Baitullah

Ini Dia Keistimewaan Kota Makkah

Kategori : Haji, Features, Ditulis pada : 20 September 2022, 18:57:15

Jika Anda sedang menggali informasi tentang umrah maupun ibadah haji, tentunya tidak afdol tanpa mencari tahu juga tentang tempat melaksanakan umrah dan haji. Terutama bagi Anda yang ingin meningkatkan keimanan serta semangat beribadah umrah, Anda bisa mulai dari menggali tentang keutamaan dan keistimewaan kota Makkah.

Sebagaimana yang telah Anda ketahui, seluruh rangkaian ibadah umrah atau haji dilaksanakan di kota Makkah. Anda melakukan thawaf di ka’bah di Masjidil Haram yang letaknya di kota ini, sehingga kota Makkah sangat penting serta menjadi tujuan utama bagi kaum muslimin yang melakukan perjalanan, yakni untuk melaksanakan ibadah haji & umrah.

ekrem-osmanoglu-TbTeMOmgQJo-unsplash.jpg

Photo by ekrem osmanoglu on Unsplash

Kota Makkah punya banyak keistimewaan salah satunya adalah mata air Zam-zam yang sumbernya tak pernah kering. Meski sudah dikonsumsi selama berabad-abad, memenuhi kebutuhan minum dan wudhu jamaah haji dan umrah dari seluruh penjuru dunia, namun air zam-zam tak pernah habis. Luar biasa, kan…? Saat umrah, Anda juga dapat membawa air zam-zam untuk dibawa pulang, walaupun saat pandemi ini ada larangan membawa air zam-zam waktu kembali ke tanah air.

Keistimewaan lain dari kota suci Makkah adalah kota ini menjanjikan ketentraman bagi penduduknya. Makkah adalah kota yang diberkahi oleh Allah SWT, memberi rasa aman bagi penduduknya. Bahkan tak hanya manusia saja, namun hewan dan tumbuhan juga merasakan hal yang sama. Seperti yang tertuang dalam surat Ali Imran ayat 97 :

“Barangsiapa memasukinya (Baitullah) menjadi amanlah dia.”

Pada saat akhir Zaman, ada 4 negeri yang aman ditinggali, salah satunya adalah kota Makkah. Dajjal tak dapat memasuki kota Makkah, sehingga bagi siapa yang memiliki kesempatan untuk tinggal di kota Makkah akan selamat dari fitnah Dajjal. Malaikatpun akan melindungi penduduk Makkah dari fitnah Dajjal.

Adapun keutamaan dari kota Makkah lainnya adalah Makkah disebut Tanah Haram. Artinya, di kota Makkah kita tak boleh memburu hewan, mematahkan ranting, serta berbuat kemaksiatan di kota tersebut. Sebagaimana telah disebutkan dalam hadits riwayat Bukhari no. 1510 :

“…tidak boleh mematahkan rantingnya, tidak boleh memburu hewan liarnya, tidak halal mengambil barang yang hilang, kecuali bagi orang yang hendak mengumumkannya…”

ramon-bucard-37p0-rpI5RQ-unsplash.jpg

Photo by Ramon Buçard on Unsplash

Anda juga dapat melihat keistimewaan kota Makkah karena Masjidil Haram terletak di sana. Siapa yang shalat di Masjidil Haram, maka pahalanya sama dengan seratus ribu kali lipat daripada shalat di tempat lain di dunia ini. Tak heran, Anda yang ingin untuk umrah selalu mengupayakan yang terbaik untuk bisa hardir ke tanah suci.

Itulah beberapa keutamaan dan keistimewaan kota suci Makkah Al Mukarramah. Semoga bisa menjadi penyemangat bagi Anda calon jamaah umrah untuk bisa berangkat ke kota Makkah untuk menunaikan ibadah umrah dan haji. Bagi yang sudah pernah berhaji dan umrah, semoga bisa berkesempatan untuk hadir kembali ke Makkah agar kita dapat meraih pahala di sisi Allah SWT.

Chat Dengan Kami
built with : https://erahajj.co.id