Memudahkan Anda Menuju Baitullah

Sederet Keajaiban Air Zamzam Menurut Penelitian Sains

Kategori : Info Menarik, Umrah, Haji, Info Umroh dan Haji, Ditulis pada : 20 November 2023, 19:29:35

8-manfaat-air-zamzam-bagi-kesehatan.jpeg

Sederet Keajaiban Air Zamzam Menurut Penelitian Sains

Sahabat Al-Fauzi News - Tahu kah sahabat Air zamzam diyakini memiliki banyak keberkahan. Air zamzam adalah air yang diyakini sebagai air suci yang penuh khasiat oleh umat Muslim. Keberadaan mata air tersebut terletak di kawasan Masjidil Haram, sebelah tenggara Ka’bah. Keyakinan akan khasiat air zamzam yang berbeda dengan air mineral pada umumnya, juga mata air-nya yang tidak pernah kering walau di musim kemarau merupakan bukti kekuasaan Allah Swt.

Kemunculan air zamzam didasarkan pada kisah Nabi Ibrahim yang menerima mandat dari Allah Swt untuk mengasingkan istrinya Siti Hajar dan anaknya Ismail kecil. Ditengah perjalanannya menuju Ka’bah, dengan panas teriknya matahari ditengah padang pasir Siti Hajar dan Ismail kecil kehausan dan kelaparan, bahkan Ismail kecil menangis tak henti-hentinya. Beberapa biji kurma dan air sebagai bekal dari Ibrahim juga telah habis.

Tidak tega melihat Ismail kecil menangis, Siti Hajar berusaha mencari air dengan berlari dari Bukit Safa ke Bukit Marwah terus menerus. Tercatat Siti Hajar berlari sebanyak tujuh kali. Dan inilah yang kemudian menjadi rukun haji saat ini yaitu Sai. Setelah itu, atas izin Allah kaki kecil Nabi Ismail menghentak ke tanah dan muncul lah mata air yang menyegarkan untuk mereka. Dan itu lah air zamzam yang selalu mengalir dan tidak pernah kering.

Air Zamzam adalah air terbaik di muka bumi, minum air zamzam tidak mesti di masak terlebih dahulu, bisa langsung di minum dari mata airnya. Air tersebut juga bisa menjadi makanan yang mengenyangkan serta bisa menjadi penawar penyakit. Rasulullah Saw berkata,


إِنَّهَا مُبَارَكَةٌ إِنَّهَا طَعَامُ طُعْمٍ

Artinya: "Sebaik-baik air di muka bumi adalah air zam zam. Air tersebut bisa menjadi makanan yang mengenyangkan dan bisa sebagai obat penyakit." (HR Muslim).

Pada keterangan lain, ulama menyebutkan air zamzam adalah air terbaik kedua setelah air mukjizat yang keluar diantara jari-jari Nabi Muhammad Saw. dijelaskan dalam Kitab Hasyiah Al-Bajuri jilid 1 halaman 49 cetakan Darul Kutub Al-Ilmiah Beirut.


 تنبيه: افضل المياه ما نبع من بين اصابعه صلى الله عليه وسلم ثم ماء زمزم ثم ماء الكوثر ثم نيل مصر ثم باقي الانهر كسيحون والدجلة والفرات، وقد نظم ذلك التاج السبكي

Artinya: Air paling utama adalah air yang menyumber dari antara jari-jari Nabi Muhammad SAW, kemudian air zamzam, air Telaga Kautsar, air Sungai Nil Mesir, kemudian air sungai lainnya seperti Sungai Jaihun, Sungai Dajlah, Sungai Efrat dan lain-lain.

Khasiat air zamzam diantaranya bisa menjadi penawar penyakit, Rasulullah Saw sendiri pernah menggunakannya. Hadits ini telah dishahihkan Syaikh Al Albani dalam As Silsilah Ash Shohihah yang berbunyi,


حَمَلَهُ رَسُولُ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- فِى الأَدَاوَى وَالْقِرَبِ وَكَانَ يَصُبُّ عَلَى الْمَرْضَى وَيَسْقِيهِمْ


Artinya: "Rasulullah shalallahu 'alaihi wa sallam pernah membawa air zam-zam dalam botol atau tempat air. Ada orang yang tertimpa sakit, kemudian beliau menyembuhkan dengan air zam-zam." (HR Al Baihaqy).

1. Bebas Patogen
Penelitian mengungkapkan air zamzam bebas patogen. Penelitian itu mengumpulkan tiga sampel air zamzam dari Masjid Al-Nabawi di Madinah. Semuanya diteliti dan diinkubasi selama 48 jam dalam suhu 37 derajat. Hasilnya, tidak ada pertumbuhan bakteri dari air tersebut.

2. Mengurangi Koresterol
Air zamzam juga bisa menurunkan koresterol. Berdasarkan survei, orang-orang yang mengonsumsi air zamzam memperlihatkan penurunan kolesterol serum dan trigliserida serum.

3. Mengurangi Kadar Asam Urat
Air zamzam juga dikatakan bisa mengurangi kadar asam urat dalam darah. Sebab, ada sifat basa yang memfasilitisasi ekskresi asam urat.

4. Kaya Mineral
Pada penelitian King Abdulaziz City for Science & Technology, air zamzam mengandung 4 logam mineral penting. Masing-masing adalah natrium, kalium, magnesium dan kalsium. Selain itu, ada pula 7 mineral lain, yaitu vanadium, mangan, besi, kobalt, tembaga, seng, dan molibdenum.

5. Anti-Jamur
Dalam penelitian di Universitas Katsina, Nigeria, air zamzam disebut memberikan efek anti-jamur.

6. Tidak Ada Pertumbuhan Mikrobiologis
Journal of Pure and Applied Microbiology mengungkapkan tidak ditemukan pertumbuhan mikrobiologi pada sampel air zamzam. Laporan yang sama juga mengungkapkan air tersebut bebas dari kontaminasi zat berbahaya.

7. Anti-Tumor
Air zamzam diyakini mengandung sifat teurapetik, anti oksidan, anti tumor, hingga anti-depresan. Pengobatan dilakukan dengan obat-obatan dan air zamzam dapat mengurangi efek penyakit.

keistimewaan air zamzam dalam buku Pintar Sains dalam Al-Qur’an juga mengungkap keistimewaan air zamzam. Di situ disebutkan kalau air zamzam tidak mengandung satu pun bakteri. Air zamzam dinilai sebagai air yang sangat bersih dan suci.

Chat Dengan Kami
built with : https://erahajj.co.id