Memudahkan Anda Menuju Baitullah

Agar Ibadah Umrah di Usia Muda Tidak Sekedar Rencana

Kategori : Info Menarik, Umrah, Tips, Ditulis pada : 28 September 2022, 11:49:50

Banyak anggapan, bahwa melaksanakan ibadah haji atau umrah harus ketika sudah tua, masa pensiun, atau harus jadi orang kaya lebih dulu. Padahal, tak perlu menunggu tua untuk menunaikan umrah. Justru saat masih muda, maka Anda dapat menjalani ibadah dengan maksimal. Kok bisa?

Tentu saja, sebab untuk menjalani seluruh aktivitas pada rangkaian ibadah umrah, diperlukan banyak tenaga dan kondsi tubuh yang kuat. Mumpung masih muda, sehat, segar bugar, Anda dapat mulai membuat rencana untuk menunaikan ibadah umrah ke tanah suci. Awali dengan niat kuat untuk melaksanakan umrah ketika masih muda.

18.jpg

Image by cytis from Pixabay

Jangan berputus asa, melihat daftar antrian haji yang masih panjang. Tetap lakukan usaha agar Allah mengundang Anda dengan cara yang ajaib. Contohnya dengan membuat rencana kapan akan melakukan perjalanan ibadah umrah. Banyak hal yang dapat Anda kerjakan untuk mendekatkan impian pergi ke tanah suci. Berikut ini beberapa tips yang bisa Anda kerjakan agar dapat berangkat umrah saat masih muda. Yuk simak sampai akhir!

Memantaskan Diri Melaksanakan Umrah

Hal pertama yang dapat Anda lakukan adalah niat. Niat yang sungguh-sungguh untuk melaksanakan ibadah umrah. Perlu dipahami bahwa pergi ke Baitullah adalah undangan dari Allah SWT. Bukan masalah pria atau wanita, tua atau muda, kaya atau miskin, namun seberapa kesungguhan Anda untuk dianggap pantas di depan Allah SWT.

Maka, Anda harus mengimbangi niat tersebut dengan usaha untuk memantaskan diri. contohnya, cek seberapa besar keinginan Anda untuk pergi umrah, mulai merutinkan ibadah-ibadah yang wajib, memperbanyak ibadah sunnah lebih sering, membantu urusan orang lain dan seterusnya. Sehingga Allah akan melihat kita pantas untuk menjalani ibadah yang lebih istimewa lagi yakni beribadah di Baitullah.

Mempelajari Tentang Persiapan Umrah

Selanjutnya, Anda coba untuk mempelajari tentang apa saja yang perlu Anda persiapkan untuk umrah. Mulai dari belajar tentang rukun umrah, apa saja yang dikerjakan waktu di Baitullah, belajar tentang\menghafalkan bacaan doa yang dibaca saat umrah dan seterusnya.

Anda juga bisa mengulik informasi hal teknis terkait tata cara ibadah umrah, menyiapkan dokumen, membuat paspor, memilih biro travel umrah, bagaimana alur perjalanan selama di Baitullah dan lain-lain. Informasi yang lengkap bisa membantu Anda supaya lebih terarah.

Anda bisa menggali informasi terkait ibadah umrah lewat pencarian di internet, bisa juga bertanya kepada teman yang pernah melaksanakan ibadah umrah.

Membuka Tabungan Umrah

Umrah adalah ibadah yang agak berbeda dengan ibadah yang lain, terutama mengenai biaya perjalanan untuk pergi ke tanah suci yang tentu saja cukup relatif. Sebagai milenial, tentunya Anda mempunyai prioritas yang berbeda dalam mengatur penghasilan yang Anda dapatkan. Banyak kebutuhan lain yang saat ini mungkin menjadi hal yang lebih prioritas untuk Anda dahulukan.

pexels-karolina-grabowska-4386421 (1).jpg

Foto oleh Karolina Grabowska dari Pexels

Bukan berarti, Anda tak bisa melaksanakan ibadah umrah di usia muda. Ketika Anda berniat untuk umrah, upayakan pula untuk memikirkan bagaimana agar Anda bisa melaksanakannya. Anda bisa mulai membuka tabungan umrah di lembaga keuangan yang Anda percaya.

Sekarang ini, ada bermacam-macam lembaga keuangan yang menyediakan layanan pembukaan tabungan khusus haji dan umrah. Tentunya Anda akan lebih terbantu karena ‘dipaksa’ menyimpan uang untuk mencapai tujuan Anda melaksanakan ibadah umrah ke tanah suci. Yaitu dengan menyimpan sejumlah dana tertentu sesuai rencana.

Menemukan Waktu Terbaik untuk Umrah

Selanjutnya Anda bisa memilih waktu terbaik untuk pergi umrah. Bisa juga menyesuaikan jadwal Anda saat ini. Akan tetapi, sebaiknya Anda mengetahui waktu-waktu terbaik untuk melaksanakan umrah di tanah suci karena kondisi iklimnya yang cukup berbeda dengan di Indonesia.

Ada beberapa waktu terbaik yang bisa Anda pilih. Di antaranya adalah:

  • Bulan Ramadhan

Pada hadits yang diriwayatkan oleh Bukhari dan Muslim, Rasulullah SAW bersabda, “Jika Ramadhan tiba, berumrahlah pada saat itu. Karena umrah waktu Ramadhan senilai dengan ibadah haji.” Tentunya, Anda juga dapat merasakan indahnya suasana Ramadhan di tanah suci yang membuat ibadah umrah Anda semakin terasa berkesan.

  • Bulan Maret-Mei

Seperti yang diketahui, iklim di Makkah dan Madinah jauh beda dengan di Indonesia. Antara bulan Maret-Mei adalah waktu yang baik untuk Anda pergi umrah karena pada bulan tersebut cuaca tidak terlalu panas atau terlalu dingin sehingga nyaman dan lebih fokus untuk menjalankan ibadah umrah.

  • Pada Awal dan Akhir Tahun

Baik awal maupun akhir tahun, menjadi saat yang tepat untuk Anda ‘beristirahat’. Melakukan refleksi diri untuk mengevaluasi bagaimana setahun terakhir juga sebagai semangat untuk memulai awal baru yang lebih baik. Tentunya, juga dalam rangka mendekatkan diri kepada Allah SWT. Tak heran jika pada pergantian tahun adalah momen yang diminati untuk melakukan perjalanan umrah.

  • Sebelum dan Sesudah Musim Haji

Nah, pada waktu sebelum dan setelah musim Haji, kondisi di Baitullah cukup lengang. Anda dapat merencanakan umrah pada waktu itu agar Anda dapat beribadah dengan tenang tanpa harus berdesak-desakan. Momen seperti mencium hajar aswad ataupun beribadah di Hijr Ismail juga tak akan terlewat.

Memilih Travel Umroh Terpercaya Seperti Al-Fauzi Tour and Travel

Biasanya, untuk melakukan perjalanan haji maupun umrah, memerlukan bantuan biro perjalanan seperti travel umroh profesional. Apalagi bagi Anda yang baru pertama kali melaksanakan umrah, penting memilih travel umrah yang terpercaya. PT. Fauzi Mulia Bersama adalah salah satu Travel Umroh Terpercaya kami, yang memiliki beberapa paket Umroh dan Paket Wisata Muslim untuk Anda.

Keberangkatan Jamaah umrah Al Fauzi 27 September.jpeg

Anda bisa menggali informasi dari website Al Fauzi Tour and Travel dan bertanya langsung ke kantor pusat. Hal ini untuk mewaspadai dari travel umrah bermasalah yang dapat menghambat rencana ibadah umrah Anda.

Beberapa Hal yang Harus Dihindari

Terakhir, ada hal-hal yang harus Anda hindari saat Anda berniat untuk beribadah. Karena tujuan utama dari umrah adalah semata-semata beribadah kepada Allah dalam rangka mendekatkan diri kepada-Nya. Antara lain:

  • Melaksanakan ibadah umrah dengan tujuan untuk bersenang-senang, karena mampu untuk melaksanakannya. Ingat, umrah bukanlah sekedar berkunjung ke tempat wisata atau plesir.
  • Menunaikan umrah dengan tujuan riya’ atau pamer. Ibadah umrah merupakan ibadah fisik yang sangat berpotensi untuk ditunjukkan kepada orang lain. Diperlukan biaya yang tidak sedikit. Akan tetapi, untuk orang-orang yang Allah berikan kelebihan harta, sangat mudah untuk berangkat umrah ke tanah suci. Oleh karena itu, selalu luruskan niat, supaya tidak hanya sekedar untuk riya’.
  • Menjalankan umrah untuk tujuan mencari untung. Hindarilah melakukan ibadah umrah hanya semata-mata mendapat keuntungan dunia, misalnya dengan berdagang. Pastikan niat Anda benar-benar murni untuk ibadah kepada Allah SWT.
  • Memaksakan diri agar bisa melaksanakan umrah. Beribadah umrah adalah untuk siapa saja yang mampu, jadi tidak perlu memaksakan diri untuk pergi umrah apabila memang belum dimampukan. Hal ini justru bisa menyusahkan diri sendiri dan juga orang lain.

Nah, itulah tadi beberapa tips yang bisa Anda lakukan agar bisa berangkat umrah di usia muda. Gunakan Al Fauzi Tour & Travel untuk perjalanan haji dan umroh Anda. Cek paket dan jadwal umroh disini!

 
 

 

 

Chat Dengan Kami
built with : https://erahajj.co.id