Memudahkan Anda Menuju Baitullah

Do'a Pulang Umroh

Kategori : Info Menarik, Umrah, Haji, Info Umroh dan Haji, Ditulis pada : 11 September 2023, 17:02:06

Sahabat Al-Fauzi - Doa pulang umroh merupakan rangkaian doa yang sering diminta oleh para tamu ketika mengunjungi seseorang yang baru saja pulang dari menunaikan ibadah umroh. Umroh sendiri merupakan salah satu ibadah impian umat muslim yang berbeda dari ibadah haji, karena umroh bisa dilakukan kapan saja di sepanjang tahun.

Budaya masyarakat Indonesia biasanya setiap ada jamaah yang pulang umroh atau haji akan dikunjungi dan meminta untuk didoakan agar juga segera bisa melaksanakan ibadah umroh. Bahkan tak jarang masyarakat menitipkan beberapa doa dan harapan kepada jemaah saat di tanah suci Makkah.

Lantas bagaimana lafal bacaan doa pulang umroh tersebut? Berikut adalah lafal bacaan doa pulang umroh lengkap bahasa arab, latin dan terjemahnya.

Doa Pulang Umroh
Sangat disayangkan apabila seorang jamaah yang pulang umroh namun belum bisa melafalkan doa pulang umroh tersebut. Padahal, doa pulang umroh memiliki banyak keutamaan dan keberkahan di dalamnya.

1. Doa Pulang Umroh Pertama
بِسْمِ اللهِ الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْمِ اَلْحَمْدُ ِللهِ رَبِّ اْلعَالَمِيْنَ اَللّٰهُمَّ صَلِّ وَسَلِّمْ وَبَارِكْ عَلىٰ سَـيِّدِنَامُحَمَّدٍ صَلَاةً تُبَلِّغُنَابِهَاحَجَّ بَيْتِكَ الْحَرَامِ وَزِيَارَةَ قَبْرِنَبِيِّكَ مُحَمَّدٍ صَلَّى اللّٰهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ

Bismillahirrahmanirrahim. Alhamdulillahirabbil'alamin. Allahumma sholli wasallim wabaarik 'alaa sayyidina muhammadin sholatan tuballighuna bihaa hajja baitikal haraami wa ziyarota qobri nabiyyika muhammadin shallallahu 'alaihi wa sallam.
Artinya: Dengan menyebut nama Allah Sang Maha Pengasih dan Maha Penyayang. Segala puji bagiNya, Tuhan semesta alam. Ya Allah, limpahkanlah sholawat, salam serta berkah kepada junjungan kami Nabi Muhammad, melalui sholawat itu dapat menyampaikan kami untuk berhaji ke baitil haram dan ziarah ke makam Nabi Muhammad SAW.

2. Doa Pulang Umroh Kedua
اَللّٰهُمَّ اجْعَلْ حَجَّنَاحَجًّامَبْرُوْرًا، وَعُمْرَتَنَاعُمْرَةًمَبْرُوْرًا،وَسَعْيَنَاسَعْيًامَشْكُوْرًا، وَذَنْبَنَاذَنْبًامَغْفُوْرًا، وَعَمَلَنَاعَمَلًاصَالِحًا مَقْبُوْلًا، وَتِجَارَتَنَاتِجَارَةً لَنْتَبُوْرَ، يَا عَالِمَ مَا فِى الصُّدُوْرِأَخْرِجْنَامِنَ الظُّلُمَاتِ إِلَى النُّوْرِ

Allahummaj'al hajjana hajjan mabruron, wa 'umrotana 'umrotan mabruron, wasa' yana sa'yan masykuro, wa dzambanaa dzanban maghfuro, wa 'amalana 'amalan sholihan maqbula, watija rotana tijaarotan lan tabuur, yaa 'aalima maa fis shuduur, akhrijna mina dzulumaati ilannuur.
Artinya: Ya Allah, jadikanlah kami haji mabrur. Umroh kami yang mabrur, sa'i kami yang disyukuri. Dosa kami yang Engkau ampuni. Amal sholeh kami yang Engkau terima dan perdagangan kami perdagangan yang tidak merugi. Wahai Dzat Yang Maha Mengetahui apa yang ada dalam hati kita, keluarkan kami dari kegelapan ini menuju cahaya.

3. Doa Pulang Umroh Ketiga
للهم سَهِّلْ أُمُوْرَنَاوَحَصِّلْ مَقَاصِدَنَاوَبَلِّغْنَا إِلَيْكَ يَا اَللهُ. اللهم اجْمَعْنَاجَمْعًامَرْحُوْمًا اللهم إِنَّانَسْئَلُكَ النِّعْمَةَوَالرَّحْمَةَ وَحُسْنَ الْخَاتِمَة

Allahummasahhil umuuronawahasshil maqooshidanawaballignaa ilaika yaAllah. Allahummaj ma' jam'an marhuuma. Allahumma inna nas-alukanni'mata warrohmata waqusnal qhotimah.
Artinya: Mudahkanlah ya Allah segala urusan kami. Kabulkanlah segala keinginan kami, dan sampaikanlah kami kehadiratMu. Ya Allah kumpulkan kami bersama mereka orang-orang yang mendapatkan rahmat-Mu. Kami mohon ya Allah kepadaMu nikmat, rahmat dan juga akhir yang baik.

4. Doa Pulang Umroh Keempat
رَبَّنَااَتِنَا فِى الدُّنْيَا حَسَنَةً وَفِى اْلاَخِرَةِحَسَنَةً وَقِنَاعَذَابَ النَّاِر. وَالْحَمْدُ ِللهِ رَبِّ اْلعَا لَمِيْنَ

Robbanaa aatina fiddun ya hasanah, wafil aakhiroti hasanah, waqinaa 'adzaa bannaar. Walhamdulillahi robbil 'alamin.
Artinya: Ya Tuhan kami, berkahilah kami kebaikan di dunia juga di akhirat, serta jauhkan kamu dari siksaan api neraka. Dan segaja puju milik Allah.

Sahabat Al-Fauzi Tour Itulah doa pulang umroh yang bisa dilafalkan dan ditunaikan oleh jemaah yang baru saja kembali setelah menunaikan ibadah umroh bagi para tamu yang datang untuk meminta doa. Selain doa pulang umroh untuk tamu, ada juga doa pulang umroh yang dapat ditunaikan tamu kepada jemaah yang baru pulang dari tanah suci Makkah. Berikut doanya:

تَقَبَّلَ اللَّهُ عُمْرَتَكَ,وَغَفَرَذَنْبَكَ,وَأَخْلَفَ عَلَيْكَ نَفَقَتَكَ

Taqab balallahu 'umrotaka, wa ghofara dzanbaka, wa aqlafa 'alaika nafakotaka.
Artinya: Semoga Allah menerima umrohmu, dan Allah ampuni dosamu dan Allah berikan gantinya untuk biaya perjalananmu.

Sahabat Al-Fauzi Tour itulah dia doa pulang umroh yang akan diamalkan oleh seorang jamaah ketika pulang umroh kepada sanak saudaranya yang datang mengunjungi. InshaAllah sangat banyak keutamaan dan keberkahan yang ada di balik doa tersebut. Semoga tulisan ini bermanfaat dan bisa membantu.

Chat Dengan Kami
built with : https://erahajj.co.id